PRO PILKADA

Bawaslu Maluku Mulai Persiapkan Pengawasan

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku menegaskan sudah tidak ada lagi problem dengan anggaran pengawasan untuk Pemilihan Kepala Daerah di empat kabupaten.

Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Abdullah Ely mengungkapkan, anggaran pengawasan Pilkada yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Aru, Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Maluku Barat Daya telah ditandatangani.

“NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) sudah ditadatangani dan sekarang sedang dilakukan persiapan Pilkada,” ungkap Abdullah Ely kepada wartawan di kantor DPRD Maluku, pekan kemarin.
Anggaran yang telah ditandatangani empat kepala daerah cukup untuk membiayai seluruh tahapan pengawasan Pilkada dimasing-masing kabupaten.

Menurut Abdullah Ely, besaran anggaran yang dialokasikan, berpariatif angkanya itu tergantung dari kebutuhan pengawasan yang diajukan masing-masing Bawaslu di empat kabupaten. “Besaranya pariatif tergantung dari daya dukung pemerintah daerah. Seluruh anggaran yang ditandatangani bisa membiayai pengawasan. Yang pasti bahwa, anggaran yang dibuat Bawaslu itu maksimal dan bisa menyelesaikan proses pengawasan sampai selesai,” jelas dia.

Setelah persetujuan anggaran, sekarang Bawaslu di empat kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada sedang membuka penjaringan tenaga Pengawas Tingkat Kecamatan (Panwascam). Sistem perekrutan dilakukan dengan metode online atau Computer Assisted Test, hanya saja tidak semua daerah menggunakan CAT, tergantung dari ketersediaan pasilitas.

Abdullah mengungkapkan, keputusan penggunakan CAT berlaku secara nasional, namun beberapa daerah yang kesulitan internet akan menggunakan sistem offline. “Semisal di MBD dan Aru itu akan dikondisikan, ada kemungkinan menggunakan sistem offline, karena dukungan internet masih sulit,” ungkapnya. (ARI)

------ ======================

Berita Populer

To Top