ADVETORIAL

Kapolres SBT Dikukuhkan jadi Sesepuh Adat Wanusia

|  Belum Sebulan Bertugas, Kapolres SBT Silaturahmi ke Sembilan Kecamatan

Belum genap sebulan bertugas di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kapolres SBT AKBP.A.Bormasa SH,MH Bersama dengan Ketua Bahayangkari cabang SBT,Ny.Corry Bormasa melakukan silaturahmi sekaligus kunjungan kerja (Kunker) di tujuh kecamatan diantaranya Kecamatan Tutuk Tolu,Kecamatan Kiandarat , Kecamatan Seram Timur, Kecamatan Werinama, Kecamatan Siwalalat, Kecamatan Kilmury, kecamatan wakate, Kecamatan Teor dan Kecamatan Pulau Gorom. Kunjungan kerja di Kecamatan Kilmury, Kamis (12/12/2019) pukul 11.00 WIT.

Kapolres beserta rombongan tiba di Kecamatan Kilmury, disambut hangat dan gembira oleh masyarakat. Bersama Ketua Bhayangkari Cabang SBT, Kapolres dan rombongan diarak-arak dalam tandu perahu hias, tarian selamat datang. Kapolres bersama Istrinya dan rombongan disambut Camat Kilmuri, Abdul Gafar Rumanama dan Raja Kilmuri, Jafar Kwairumaratu, dan masyarakat setempat.

Tak saja itu, Kapolres juga dikukuhkan sebagai sesepuh adat wanusia (negeri Sembilan) oleh Raja Kilmuri, mengingat Kapolres dan istrinya memiliki hubungan historis dengan Negeri Kilmuri. “Hari ini, saya kukuhkan Kapolres SBT sebagai sesepuh adat Wanusia mengingat Kapolres dan Ibu memiliki kedekatan emosional historis dekat dengan negeri ini. Ini saudara kita. Jadi, bilamana beliau bersuara kita harus dengar. Beliau bertugas di negeri sendiri, jadi kita juga harus membantunya menjaga situasi keamanan di negeri kita,” pesan Raja Kilmuri.

Kapolres SBT AKBP.A.Bormasa, menjelaskan, silaturahmi ini selain menjadi agenda kunjungan untuk memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, juga sebagai bentuk dukungan ke masyarakat, untuk mengeratkan hubungan antara kepolisian dengan warga. “Saya bersyukur bertugas di daerah yang merupakan daerah Pela Saya. Jadi saya anggap pulang kampung. Sudah jadi tanggung jawab saya menjaga dan membangun wilayah ini. Saya belum sampai sebulan bertugas di daerah ini, tapi saya sudah kunjungi Kecamatan Seram Timur, Kecamatan Tutuk Tolu, Kecamatan Kian Darat, Werinama, Siwalalat, Kilmuri dan hari ini juga saya akan kunjungi Kecamatan Wakate, Teor dan Pulau Gorom,” akui Kapolres.

Usai bertatap muka, Kapolres dan rombongan menuju Kecamatan Wakate dan Teor. Sama halnya dengan di Kilmuri, di Wakate, Kapolres dan rombongan juga disambut dengan meriah.

Melalui kunjungan ini, Kapolres mengharapkan agar personil Polsek dapat bersinergi dengan semua pihak, mulai dari TNI, pejabat pemerintah desa, hingga tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama. Pasalnya, keamanan merupakan tugas dan tanggungjawab bersama untuk menjaganya. Kalau hanya mengharapkan kepolisian, maka kepolisian tidak sanggup sepenuhnya mengawal keamanan dan ketertiban masyarakat. Kamtibmas, kata dia, dari rakyat dan juga untuk rakyat. Sehingga, dibutuhkan adanya kerjasama semua pihak untuk sama-sama menjaganya.

Kapolres mengaku, dengan datang dan tatap muka langsung dengan masyarakat, maka ia akan tahu sendiri keinginan dan kondisi masyarakat di lapangan. Sebab, kalau tidak tahu, maka sudah pasti kebijakan untuk pengamanan di lapangan dapat berjalan pincang. Sebab itu, kedatangannya langsung ke masyarakat dianggap yang paling tepat, selain untuk membangun silaturahmi antara kepolisian dengan warga, juga dalam rangka melihat langsung kondisi dan keamanan di masyarakat.

Dalam kunjungan itu, Kapolres dan Ketua bhayangkari Cabang SBT didampingi Wakil Ketua Bhayangkari Cabang SBT, Ny Yati Udin Taher, Kabag Sumda, Kompol Abid Letahit, dan ibu, Ny Ni Letahit Kabag OPS, AKP M.Antula, Kasat Binmas, Iptu Baharudin,Kasat Polair Iptu Imran Wael dan Ibu,Ny Jija Wael,Kasiwas Ipda Sahrudin Samar,Kasi Propam,Bripka Dade dan juga beberapa pengurus bhayangkari cab SBT. (ADV)

------ ======================

Berita Populer

To Top