" >Keuangan IAIN Ambon Gelar FGD Rengstra Tahun 2019 – Rakyat Maluku
ADVETORIAL

Keuangan IAIN Ambon Gelar FGD Rengstra Tahun 2019

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- BIDANG Keuangan dan Perencanaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) untuk penyusunan Rencana Starategis (Renstra) Tahun Anggaran 2019. FGD yang melibatkan seluruh unsur pimpinan di lingkup IAIN Ambon digelar di Lt II Gedung Studen Centre IAIN Ambon, Senin, 16 Desember 2019.

Wakil Rektor I IAIN Ambon, Dr. Mohdar Yanlua, menjelaskan FGD merupakan agenda penting dalam perencanaan program tahunan. Pelaksanaan FGD dimaksudkan agar setiap program yang disusun benar-benar terencana dan mengakomodir semua kepentingan. Tentu, lewat program ini pula, hal-hal yang belum terlaksana namun telah diprogramkan, langsung dapat dievaluasi. Mohdar berharap, kegiatan FGD ini dapat menjadi ruang untuk sharing program-program untuk pengembangan IAIN Ambon ke depan. Tentu, selain itu ada pula beberapa program atau kebijakan yang dievaluasi, karena di FGD, terbuka ruang untuk mendiskusikan persoalan yang berkembang di IAIN Ambon.

Sementara itu, Kabag Perencanaan dan Keuangan IAIN Ambon, H. Abd. Hafiz Basta, S.Ag., M.Pd.I., dalam laporannya menjelaskan, IAIN Ambon merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, IAIN Ambon tidak terlepas dari sistem pendidikan nasional yaitu harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan, sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan.

Untuk mencapai sistem pendidikan nasional itu, kata dia, perlu didukung oleh perencanaan strategis (Renstra) untuk memberikan arah dan pedoman dalam mencapai visi dan misi termasuk di dalamnya Rencana Kerja dan Anggaran yang cukup untuk membiayai pelaksanaan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, peningkatan kualitas dosen, mahasiswa serta sarana prasarana pendukung pendidikan yang dituangkan dalam dokumen Renstra 2020 – 2024. “Penyusunan Renstra 2020 – 2024 yang berkualitas tentunya mempermudah mencapai tujuan pendidikan nasional selain digunakan sebagai pedoman, sehingga arah pembangunan menjadi lebih efektif dan memiliki dampak positif bagi masyarakat, bangsa dan negara.”

Kegiatan ini lanjut dia, bermanfaat untuk seluruh civitas akademika IAIN Ambon dan pihak eksternal yaitu masyarakat serta Kementerian Agama. FGD ini tutup dia, sepenuhnya dibiayai oleh DIPA IAIN Ambon. (WHL/ADV)

------------
------ ======================

Berita Populer

To Top