ADVETORIAL

KPU SBT Sosialisasi Calon Perseorangan

RAKYATMALUKU.COM – SBT,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mensosialisasikan syarat dukungan calon perseorangan. Sosialisasi syarat dukungan calon persoalan ini dalam rangka melancarkan proses-proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten SBT yang akan digelar serentak pada Tahun 2020 mendatang.

Sosialisasi yang menghadirkan Ketua KPU Provinsi Maluku, M. Rivan Kubangun dan Devisi Teknis KPU Maluku, Halil Tianotak, digelar di Cafe Sigafua, Kota Bula, Kabupaten SBT, Selasa, 10 Desember 2019.

Ketua KPU Kabupaten SBT, Kisman Kilian dalam sambutannya menjelaskan, Pilkada SBT tidak lama lagi akan digelar. Selain ada calon yang diusung oleh partai politik, ada juga calon perseorangan non partai. Berdasarkan pengalaman, maka perlu dan sangat penting disampaikan kepada masyarakat umum, terutama para tokoh politik yang mengambil jalan perseorangan untuk terlibat langsung sebagai peserta Pilkada SBT.

Sehingga itu, lewat sosialisasi ini masyarakat akan lebih memahami prosedur atau syarat untuk pencalonan lewat jalur non partai atau jalur perseorangan. Pasalnya, sesuai amanat politik, setiap orang berhak mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah, asalkan mendapat dukungan sesuai syarat dan ketentuan. “Pendaftaran ini berdasarkan pada PKPU No 18 Tahun 2018 perubahan dari PKPU No 15 tahun 2018 dan PKPU NO 3 tahun 2017 yang mengatur mengenai pencalonan kepala daerah pada Pilkada 2020,” urai Kisman.

Untuk itu, Kisman berharap kepada peserta terutama para tokoh politik yang ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah di SBT, baik lewat jalur perseorangan maupun jalur partai politik. Keseriusan peserta mengikuti kegiatan ini, akan menjadi penentu masa depan perpolitikan di SBT ke depan, terutama menjelang Pilkada SBT 2020 mendatang.

Kisman mengakui, kegiatan ini melibatkan langsung Ketua KPU Maluku dan Stafnya, untuk memberikan penjelasan secara detil tentang tata cara pelaksanaan Pilkada serentak baik di Indonesia umumnya, maupun di SBT khususnya. Dengan harapan, lanjut Kisman, KPU memiliki keinginan yang sama dengan masyarakat, untuk menciptakan Pilkada yang bersih, jujur dan adil untuk menciptakan demokrasi masyarakat di SBT yang ramah dan sukses.

Ketua KPU Maluku, M. Rivan Kubangun, menjelaskan, empat KPU kabupaten penyelenggara Pilkada Tahun 2020, telah menyerahkan dokumen syarat dukungan bakal calon perseorangan yang diumumkan sejak tanggal 02 Desember 2019 hingga 16 Desember 2019. Pengumuman tersebut berlangsung selama 15 hari sesuai dengan amanat PKPU Nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU no 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan atau Bupati dan wakil bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Untuk waktu penyerahan dokumen syarat dukungan bagi bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dijadwalkan tanggal 19 Februari-23 Februari 2020. “Adapun jumlah minimal syarat dukungan dan sebaran bagi calon perseorangan khusus di Kabupaten SBT yakni 10.212 dukungan yang tersebar di delapan kecamatan.”

Dalam kesempatan itu, Divisi Tekhnis KPU Maluku, Halil Tianotak menjelaskan tentang dokumen dukungan, silon hingga verifikasi jumlah dukungan. “Silon jika tidak dipahami akan bingung. Karena itu, operator tim calon perseorangan harus mengetahui cara menginput data, karena data yang masuk akan diverifikasi terutama jumlah dukungan penyebarannya yang ada di Kabupaten SBT, termasuk surat dukungan dan lainnya,” jelas Halil. (AS/ADV)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top