OPINI

Pentingnya Toleransi antar Umat Beragama di Kalangan Masyarakat dan Mahasiswa

DINDA PALLADIUM PUTRI PERMATA MAAHURY | Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Jurusan Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya.

Toleransi berasal dari bahsa latin “tolerare” yang artinya sabar dan menahan diri atau membiarkan terhadap sesuatu yang terjadi. Jadi dapat disimpulkan bahwa toleransi adalah suatu sikap yang saling menghargai kelompok – kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Menurut pendapat saya sendiri toleransi adalah sikap atau perilaku yang saling menghormati dan menghargai semua tindakan orang lain selama tindakan tersebut sesuai dengan aturan yang ada.

Oleh : DINDA PALLADIUM PUTRI PERMATA MAAHURY | Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Jurusan Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya.

TOLERANSI adalah suatu sikap yang saling menghargai kelompok – kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Toleransi adalah suatu perbuatan yang melarang terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam masyarakat. Toleransi ini bisa terlihat jelas pada agama, toleransi agama sering kita jumpai di masyarakat. Adanya toleransi agama menimbulkan sikap saling menghormati masing – masing pemeluk agama. Dan dalam kata lain bahwa sikap toleransi sangat penting karena dengan toleransilah kita dapat menciptakan sikap saling menghargai antar satu dengan yang lain. Apalagi sebagai seorang mahasiswa kita harus menanamkan sikap saling toleransi dari sekarang demi terciptanya saling menghargai antar umat beragama dalam lingkup kemahasiswaan.

Manusia merupakan maklhuk yang berbeda dengan makhluk hidup lain, mempunyai pikiran, akal, dan perasaan Namun, dengan segala pikiran, akal dan perasaannya manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan orang lain atau manusia lain dalam hidupnya. Oleh karena itu manusia disebut maklhuk sosial. Dan akibat dari pergaulannya dengan manusia lain, maka kehidupannya tidak selalu berjalan mulus. Beberapa diantaranya akan timbul persingungan dan gesekan dengan manusia lain. Karena setiap manusia pada sarnya unik, dan tidak bisa disamakan.

Untuk menghindari persingungan atau gesekan dengan orang lain atau kelompok masyrakat lain atau dalam kalangan mahasiswa , maka dikembangkan sikap hiodup toleransi. Sikap yang harus dimiliki setiap manusia bila ingin hidupnya berhasil di tengah – tengah masyarakat. Sikap toleransi ini juga hadir karena keanekaragaman manusia, baik secara fisik,akal perasaan,pendapat,hingga perbedaan suku,warna kulit,ras dan agama.

Di era globalisasi sekarang ini sikap saling menghargai dengan cara bertoleransi antar sesame sudah semakin sulit untuk ditemukan apalagi bagi kalangan anak muda sekarang ini. Bisa sering kita temukan, kita lihat, dan kita dengar di berbagai pemberitaan – pemberitaan bahwa banyak sekali kasus tidak adanya toleransi dan saling menghargai antar umat agama seperti dikalangan masyarakat yaitu mayarakat Indonesia membiarkan komunis dan ajarannya di zaman baru merdeka, karena dianggap pada saat itu, komunis menguntungkan posisi Indonesia yang saat itu bersebrangan dengan Barat atau anti Amerika, dengan berdirinya poros Indonesia – Peking.

Sikap Toleransi dikalangan mahasiswa saat ini menurut saya masih sangat jauh dari kata sempurna apalagi banyak sekali keberagaman yang ada di Indonesia mulai dari agama, ras, suku dan masih banyak lagi. Tapi disini yang akan saya bahas secara rinci adalah Toleransi antar umat beragama di kalangan mahasiwa seperti yang kita tahu bahwa agama di Indonesia sendiri teridiri atas agama islam, agama Kristen, agama katholik, agama budha,agama hindu, agama konghucu, yang masing- masing dari agama tersebut memiliki cara tersendiri untuk menyembah Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh dari toleransi antar umat beragama ialah sikap diri kita sebagai mahasiswa atau pun sebagai masyarakat yang dengan keyakinannya kepada Tuhan Yang Maha Esa yang berbeda antar satu dengan yang lainnya. Toleransi tersebut dikembangkan dalam bentuk saling menghormati dan saling menghargai antar sesame umat beragama. Toleransi juga tidak mengijinkan perbuatan diskriminatif terhadap pemeluk agama lain.

Ada tiga toleransi beragama antar mahasiswa maupun masyarakat (Yosef Lalu,2010). Toleransi negatif adalah toleransi individu atau kelompok lain yang berbeda, dimana isi atau ajaran serta penganutnya tidak dihargai namun dibiarkan saja. Toleransi Positif adalah sikap toleransi yang tidak menghargai isi atau ajaran agama lain yang berbeda, namun menghargai pemeluk atau penganutnya.Toleransi Ekumenis adalah toleransi yang menghargai semua bentuk pembedaan, baik toleransi maupun isi, ajaran keyakinan indivisu lain dan toleransi pada setiap umat yang memeluknya

Toleransi dalam beragama di kalangan masyarakat Indonesia

Indonesia mengakui adanya 6 agama yang dianut masyarakatnya, yaitu Islam,Kristen,Katholik,Budha,Hindu,Konghucu dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sungguh suatu keberagaman yang cukup banyak. Apalagi bila ditambah dengan berbagai agama lain yang doianut oleh warga Negara asing yang tinggal di Indonesia. Agaqma yang dianut warga Negara asing selama sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia juga harus dihargai. Sesuai dengan nilai – nilai luhur Bangsa Indonesia yang menjadi dasar Negara, yaitu Pancasila, maka toleransi beragamaq di Indonesia dikembangkan.

Nilai – nilai luhur pancasila tersebut sesuai dengan sila yang tercantum dalam Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa. UUD 1945 pasal 29 ayat 2, menguatkan tentang perlunya toleransi beragama yang harus dilaksanakan di Indoneisa “ Negara menjamin kemerdekaan tiap – tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing – masing dan untuk beribadat menurut agamnya dan kepercayaannya itu”

Toleransi dalam beragama di kalangan mahasiswa.

Tidak dapat dipungkiri bahwa toleransi antar umat beragama juga dirasakan dan dialami oleh seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia. Apalagi kita sebagai penerus bangsa untuk kedepannya maka dari itu perlu adanya sikap toleransi antar sesame teman. Sebagai contoh saya sendiri merasakan bahwa teman – teman saya yang sebagai mahasiwa sudah menunjukkan toleransi yang baik kepada saya malahan mereka selalu mengingatkan saya untuk berdoa ke Gereja sebaliknya saya juga selalu mengingatkan teman teman saya yang lain untu melakukan ibadah sesuai agama mereka masing – masing.
Namun ada juga yang masih melanggar sikap toleransi antar umat beragama dikalangan mahasiswa masih banyak mahsiswa – mahasiwa yang tidak peduli dan tidak sadar tentang pentingnya toleransi anta umat Bergama yang telah saya rasakan sendiri bahwa toleransi antar umat beragama itu sangat penting karena seperti yang telah saya jabarkan diatas bahwa setiap manusia tidak dapat hidup sendiri, harus perlu orang lain dalam kehidupannya untuk membantunya

Perlu kita ketahui bahwa toleransi antar umat beragama itu sangat penting karena setiap manusia membutuhkan manusia lain untuk hidup dan setiap manusia pasti memerlukan manusia lain untuk segala hal yang tidak dapat dia lakukan sendirian.

Jadi dapat saya simpulkan bahwa manusia adalah maklhuk yang sempurna namun dengan kesempurnaan itu kita juga butuh orang lain, dapat kita ketahui bahwa di Indonesia banyak sekali perbedaan – perbedaan yang ada namun dengan perbedaan – perbedaan itulah kita harus lebih saling mengisi untuk melakukan hal – hal yang baik, bukannya saling iri dan mengakibatkan perselihan, perpecahan dimana – mana. Apalagi dalam aspek agama semua orang berhak untuk meilih agamanya sendiri maka dari itu kita harus saling menghargai antar sesame demi terciptanya kedamaian, di lingkungan perkuliahan perlu adanya Toleransi antar umat beragama bukan berarti kita harus saling menjatuhkan agama yang lain semisal agama ini lebih bagus dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan itu merupakan hal yang salah.

Maka dari itu bergandeng tanganlah agar kita bisa menjadi masyrakat dan juga mahasiswa – mahasiswa yang berkarakter dan melakukan sikap toleransi antar agama saya mempunyai satu kata – kata “Sikap Toleransi tumbuh dari masing – masing individu untuk memeberikan nilai di masyarakat”. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat dan bisa mengubah cara piker kita untuk menjadi lebih baik lagi. (*)

------ ======================

Berita Populer

To Top