NEWS UPDATE

Ketum HMI Cabang Ambon Lantik Pengurus Kohati

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Ketua Umum (Ketum) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon, Mizwar Tomagola, secara resmi melantik Mega Lina sebagai Ketua Korps HMI Wati (Kohati) Cabang Ambon beserta pengurusnya untuk periode 2019 – 2020.

Pelantikan Pengurus Kohati Cabang Ambon digelar di Aula Kantor Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Sabtu, 11 Januari 2019. Hadir dalam kegiatan ini, pengurus KAHMI Provinsi Maluku, Tuti Marasabessy, beserta perwakilan komisariat sejajaran HMI Cabang Kota Ambon.

Ketua Umum HMI Cabang Ambon, Mizwar Tomagola, dalam sambutannya berharap kepada pengurus Kohati Cabang Ambon dapat menyusun program kerjanya, yang mampu mendukung setiap kegiatan HMI Cabang Ambon.

Untuk itu, kata Mizwar, Kohati HMI Cabang Ambon dapat mengambil peran penting dalam membangun sumber daya manusia di Kota Ambon. Mengingat, index pembangunan manusia Ambon hari ini, bila dibandingkan dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia. “Ambon masih jauh tertinggal. Sehingga bagi saya, thema Sinergitas Menuju Ambon Kota Literasi yang dipilih oleh teman-teman Kohati sebagai roadmap satu periode ini adalah thema yang tepat. Teman-teman Kohati HMI Cabang Ambon sudah mesti bergandengan tangan dengan komunitas pegiat literasi untuk sama-sama menghidupkan gerakan literasi di kota ini. Sehingga, Ambon bukan saja dikenal sebagai kota musik dunia, tapi juga dikenal sebagai Ambon kota literasi,” pesan Mizwar.

Ketua Kohati Cabang Ambon, Mega Lina usai dilantik menegaskan, Kohati Cabang Ambon siap melaksanakan program kerjanya sesuai amanat konstitusi. Salah satunya, mengawal misi HMI Cabang dalam menjadikan Ambon sebagai kota literasi. Mega sadar, keberadaan Kohati di HMI sangat urgen untuk mendukung terlaksananya program-program yang dilaksanakan oleh HMI Cabang Ambon. Sejatinya, Kohati akan terus meningkatkan sumber daya manusianya, sehingga dapat menyeimbangi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh HMI Cabang Ambon terntu, terutama di seluruh komisariat yang ada di Kota Ambon.

Tak saja mengawal kegiatan HMI Cabang Ambon, salah satu tugas dan peran penting Kohati Cabang Ambon sekarang dan ke depannya juga, kata Mega, yakni memberdayakan kaum perempuan, agar selaras dengan kaum laki-laki. Di mana, kaum perempuan yang sejatinya di dalam Islam sebagai orang, yang ikut mencerdaskan masyarakat, maka peran itu akan dikawal secara baik. Lebih pentingnya lagi, bahwa di era modernisasi teknologi saat ini, perempuan harus dilatih untuk tidak tertinggal dari kaum laki-laki, untuk mengusai pangsa pasar. Baik di bidang pertanian, ekonomi, maupun teknologi dan industri.

Berbagai isu yang menempatkan perempuan pada kelompok kedua, sudah harus ditiadakan. Sebab, perempuan pada aspek bidang pekerjaan, memiliki posisi yang setara dengan laki-laki. Perempuan memiliki hak kerja yang setara. Berhak untuk cerdas dan juga berhak untuk mendapatkan pekerjaan yang selayaknya di semua aspek. “Tentunya kami tidak hanya terfokus kepada program kerja tetapi sekali lagi kami juga akan peka terhadap isu-isu keperempuanan di daerah ini,” tekan Mega. (WHL)

------ ======================

Berita Populer

To Top