" >Polres Siap Amankan Pilkada SBT – Rakyat Maluku
KABUPATEN SBT

Polres Siap Amankan Pilkada SBT

RAKYATMALUKU.COM – SBT,- Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) siap melakukan pengamanan terhadap seluruh agenda pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten SBT yang akan diselenggarakan pada Tahun 2020 ini.

Untuk wilayah Gorom, Werinama, Siwalalat, Polres akan menurunkan sebanyak satu peleton anggota polisi, untuk siaga pengamanan selama berlangsungnya Pilkada di SBT. Hal ini diungkapkan Kapolres SBT, AKBP.A. Bormassa, kepada wartawan usai menghadiri Doa Bersama TNI-Polri,ASN, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dalam rangka cipta kondisi Kamtibmas di Mako Polres SBT-Bula, Selasa (14/01/2020).

Ia menjelaskan, Polres SBT akan melakukan pengamanan dengan melibatkan seluruh unsur kepolisian, TNI dan juga masyarakat. Pengamanan penting untuk mendukung pelaksanaan Pilkada SBT sehingga berlangsung aman dan tertib. Setidaknya, akan disiapkan 700 anggota Polres SBT untuk pengamanan terbuka dan tertutup di lapangan. “Tadi saya sudah pertemuan dengan KPU dan Bawaslu. Sesuai data, TPS ada 468 lokasi, tersebar di 15 kecamatan.”

Lantaran anggota Polres SBT tidak mencukupi jumlah yang disiapkan, maka Kapolres mengakui telah berkoordinasi dengan Polda Maluku, untuk diback-up atau penambahan anggota saat Pilkada berlangsung. “Iya memang anggota saya di sini kurang. Saya minta kepada Pak Kapolda dan beliau sudah memberikan lampu hijau untuk membantu penambahan personil dari Polda berupa BKO,” akui dia.

Disinggung soal daerah yang dianggap rawan pada Pilkada nanti, Kapolres SBT mengakui, semua titik Pilkada harus diwaspadai, sehingga perlu dilakukan pengamanan. Termasuk beberapa wilayah yang selama ini dianggap rawan, seperti Kecamatan Gorom, dan Werinama-Siwalalat. “Khusus untuk Kecamatan Gorom, Werinama-Siwalalat, saya akan tempatkan satu peleton, dan penempatan mereka akan disesuaikan dengan pentahapan di KPU nanti. Kalau tahapan kampanye sudah pasti kita terjunkan langsung,” jelas dia.

Untuk diketahui Pilkada serentak 2020 akan dimuli pada 28 April 2020 yang ditandai dengan pendaftaran bakal calon di KPU. Setelah itu akan ada kampanye, dan berakhir dengan pemungutan dan perhitungan suara pada 23 September 2020. (*)

------------
------ ======================

Berita Populer

To Top