KABUPATEN SBB

Danau Namaola Buano Utara Meluap, Puluhan Rumah Terendam

RAKYATMALUKU.COM – SBB,- Puluhan rumah warga di Desa Buano Utara, Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) terendam air setinggi lutut orang dewasa. Puluhan rumah warga itu terendam air setelah Danau Namaola meluap, pasca hujan deras yang melanda daerah tersebut, sejak Selasa, 25 Februari 2020 malam. Pantauan rakyatmaluku.com di lokasi kejadian, tampak puluhan rumah terendam air hingga lulut orang dewasa.

Warga setempat mengaku, danau Namaola meluap setelah terjadi hujan deras pada Selasa, 25 Februari 2020 malam. Akibat hujan itu, volume air di Danau Namaola mengalami peningkatan, hingga meluap ke perumahan warga. “Saat ini, warga Desa Buano yang berada dekat danau Nama ola sudah evakuasi barang – barang mereka di tempat yang lebih tinggi dan meninggalkan rumahnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar salah satu warga Buano Utara, Hamdan Palirone.

Hamdan mengaku, hujan mulai turun di daerahnya itu sejak Selasa, 25 Februari 2020 sekira Pukul 11.00 WIT. Tepat pada pukul Pukul 04.05 WIT, air di danau mulai pasang dan meluap ke rumah warga. Hingga berita ini naik cetak, air di danau Namaola belum surut. Sebab itu, warga tetap memilih untuk menyelamatkan diri ke daerah ketinggian.

Sementara warga lainnya, Said Palirone, mengakui ketinggian air yang meluap ke warga di daerah bantaran Danau mencapai 110 – 125 meter. Sedangkan pemukiman warga yang berjarak 10 – 20 meter dari danau dengan ketinggian air mencapai 30 – 50 Cm. Sebab, meluapnya air danau Namaola sudah menutupi pondasi rumah warga. Rumah warga yang dilaporkan terendam air berjumlah kurang lebih 100 unit.
Said mengaku, sampai saat ini, hujan terus mengguyur kawasan Buano Utara, dan kalau hujan ini terus bertahan, maka debit air danau akan terus mengalami peningkatan. Sebab itu, warga terpaksa meninggalkan rumahnya. (*)

------ ======================

Berita Populer

To Top