KOTA AMBON

HIPMI Kota Ambon Gelar Diklatcab 2020

Ketua BPC HIPMI Kota Ambon Yermia Padang, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Diklatcab HIPMI Kota Ambon 2020, yang berlangsung di lantai II Hotel Pacific Ambon, Kamis, 20 Februari 2020.

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Walikota Ambon Richard Louhenapessy diwakili Asisten II Pemerintah Kota Ambon Robby Silooy, membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Ambon 2020, dengan tema ‘Membangun Pengusaha Muda Yang Bersinergi Lintas Sektor Untuk Mewujudukan Ambon Smart City’, yang berlangsung di lantai II Hotel Pacific Ambon, Kamis, 20 Februari 2020.

Richard Louhenapessy dalam sambutannya yang dibacakan Robby Silooy, mengatakan, seorang pengusaha sejati harus mampu merubah setiap tantangan menjadi peluang. Namun semua itu diperlukan kesabaran yang kuat dan tangguh, serta keseriusan dalam menjalani usaha yang ditekuni.

“Atau dalam konteks HIPMI dapat saya katakan optimalisasi pengusaha muda yang dapat mewujudkan kemandirian daerah dan kedaulatan bangsa. Kemandirian inilah menjadi spirit kita semua dalam membangun Kota Ambon menuju smart city,” ungkapnya.

Dikatakan Silooy, HIPMI sebagai wadah berkumpulnya pengusaha muda dan sebagai mitra pemerintah, harus dapat membina, memajukan, dan mengembangkan pengusaha muda menjadi profesional, kuat, dan tangguh dalam usaha yang ditekuni, dengan memperhatikan kondisi riil dan diselaraskan.

“Olehnya itu, HIPMI harus terus mendukung peningkatkan iklim usaha dan investasi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Semoga HIPMI Kota Ambon dapat menjadi suatu organisasi yang solid, mapan, dan mampu membangun dunia usaha di daerah ini, yang dilandasi dengan kemampuan organisasi secara mandiri,” harapnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua BPD HIPMI Provinsi Maluku Jaqueline Margareth Sahetapy, mengatakan, Diklatcab merupakan satu dari sekian momentum organisasi yang diharapkan mampu memberikan energi positif, untuk mendorong kerja-kerja nyata HIPMI Kota Ambon bagi kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat Kota Ambon.

Dalam perjalanannya, kata Jaqueline, BPC HIPMI Kota Ambon telah melaksanakan sejumlah agenda strategis organisasi, baik dalam kaitan dengan membangun networking pengembangan peran HIPMI di Kota Ambon, maupun yang berkaitan dengan peningkatan serta pengembangan kapasitas dan kapabilitas pengurus.

“Sejumlah agenda strategis yang dilaksanakan mengisyaratkan bahwa sebagai organisasi profesional, HIPMI terus berkembang untuk memberi respon terhadap berbagai persoalan aktual, terutama berkaitan dengan upaya melahirkan wirausaha-wirausaha muda yang profesional dan berbasis pada kekuatan ekonomi riil,” tuturnya.

Dikatakan Jaqueline, tantangan pembangunan Kota Ambon yang kompleks ditengah-tengah kompetisi era industri 4.0, tentunya membutuhkan program dengan daya inovasi yang tinggi, serta harus lebih produktif dan berorientasi meningkatkan daya saing daerah dan fleksibilitas tinggi dalam menghadapi perubahan yang dramatis.

“Terhadap perubahan yang dramatis dalam kompetisi era industri 4.0, saya mengutip apa yang pernah disampaikan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, bahwa indonesia akan kehilangan 50 juta peluang kerja jika kita tidak benar-benar siap pada kompetisi era 4.0,” terangnya.

Terhadap kondisi ini, lanjut Jaqueline, HIPMI secara nasional telah merespon dengan mengembangkan sistem manajemen yang berbasis digitalisasi, untuk kepentingan membangun kolaborasi dan menguatkan networking kerja-kerja HIPMI dimasa mendatang.

“Namun HIPMI Kota Ambon tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan pihak pemerintah, legislatif, aparat keamanan maupun swasta lainnya. Karena itu biarlah kolaborasi yang terbangun saat ini menjadi momentum untuk semakin menguatkan networking kerja-kerja HIPMI di Kota Ambon,” jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua BPC HIPMI Kota Ambon Yermia Padang. Menurutnya, materi yang akan dipaparkan oleh narasumber dalam kegiatan ini, akan menjadi landasan bagi semua pengusaha muda untuk mulai membuka wawasannya di dunia usaha. Olehnya, Ia berharap kegiatan Diklatcab HIPMI bisa menjadi tempat pembelajaran bagi pengusaha muda di Kota Ambon.

“Mari kita sama-sama bergandeng tangan agar semua pengusaha muda dapat tumbuh bersama. Sehingga peningkatan ekonomi di Maluku dapat tumbuh suhur. Dan kami HIPMI Kota Ambon akan terus memunculkan pengusaha muda yang kreatif, inovatif dan penuh semangat juang yang tinggi,” singkatnya. (*)

------ ======================

Berita Populer

To Top