ACT | AKSI CEPAT TANGGAP MALUKU

MRI-ACT Gelar Pelayanan Kesehatan dan Penyuluhan di Malteng

Petugas MRI-ACT Maluku tampak sedang melakukan pelayanan kesehatan dan penyuluhan kepada warga Waipot, Rabu, 12 Februari 2020 | ACT Maluku

RAKYATMALUKU.COM – MALTENG,- Tim Medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku, melakukan Pelayanan Kesehatan dan Penyuluhan Gratis di Dusun Waipot, Desa Wakal Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, pada Rabu, 12 Februari 2020.

Penyelanggaraan Pelayanan Kesehatan ini untuk meningkatan dan memelihara kesehatan warga Waipot sebanyak 51 orang. Mereka yang memeriksa kesehatan dan mengikuti penyuluhan di antaranya 10 anak, 20 orang dewasa dan 21 Lansia. Mereka rata-rata mengalami sakit gatal-gatal, serta terserang osteoarthritis atau mengamali sakit nyeri sendi.

Dokter ACT Maluku Sarah Vanessa Saija, menjelaskan, mereka yang sakit ini akibat dari kurang menjaga kebersihannya. Lantaran kurang menjaga kebersihan itulah, mereka mudah diserang penyakit jenis gatal-gatal, bahkan bisa juga diare.
Sementara warga yang mengalami sakit nyeri sendi, lantaran rata-rata merupakan petani yang bekerja di kebun-kebun untuk mata pencahariannya. Sakit nyeri itu kata dia, dialami pada bagian lutut dan nyeri pinggang, akibat kecapean yang berlebihan. Hal ini sendiri memang sulit dihindari, karena sudah menjadi bagian dari kehidupan warga setempat.

Warga setempat mengaku beruntung dan sangat berterima kasih, lantaran selama ini mereka jarang disentuh dengan pengobatan serta pelayanan kesehatan seperti, sejak Tahun 2017 lalu. Memang, akui warga, di daerah itu terdapat Puskesmas, hanya saja, mereka belum terpahami secara baik untuk memanfaatkan fasilitas Puskesmas setempat. Lantaran Puskesmas utama letaknya jauh dari dusun warga tempat tinggal, sehingga lebih memilih untuk berobat di Dusun Telaga Kodok, itupun hanya dilakuka satu bulan sekali.

Salah satu warga Dusun Waipot, Wasina banyak berterima kasih atas kehadiran MRI-ACT Maluku di dusun itu, karena dengan kehadiran MRI-ACT Maluku, warga dapat memeriksa kesehatannya secara gratis, tanpa harus berjalan kaki ke Dusun Telaga Kodok, atau langsung ke Puskesmas utama di Desa Wakal. “Kami warga Waipot merasa terbantu dengan pemeriksan kesehatan. Kami juga berharap agar Pelkes dapat berjalan dua bulan sekali di Dusun Waipot.”

Setelah melakukan pemerikasan kesehatan Tim Medis ACT-MRI Maluku, melangsungkan kegitan dengan melakukan penyuluhan PHBS yaitu perilaku hidup bersih dan sehat, agar para warga dapat mengetahui hidup bersih dan sehat, dengan cara mencuci tangan yang baik dan mandi dua kali sehari. (*)

------ ======================

Berita Populer

To Top