NEWS UPDATE

Ribuan Umat Muslim Hadiri Perayaan Isra Mikraj di Masjid Raya Al-Fatah Ambon

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Ribuan umat Muslim dari berbagai wilayah di Kota Ambon menghadiri perayaan Isra Mikraj yang digelar Yayasan Ar-Rahmah Kota Ambon, di Masjid Raya Al-Fatah, Kota Ambon, Jumat, 21 Februari 2020 malam.

Perayaan Isra Mikraj yang disertakan dengan Tablik Akbar ini menghadirkan Ketua Front Santri Indonesia (FSI) Habib Muhammad Hanif Alatas, dan turut serta Habib Ahmad bin Abubakar Assegaf dari Tuban-Jawa Timur.

Selain ribuan umat yang turut menghadiri perayaan Isra Mikraj dan Tablik Akbar itu, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq dan Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar, juga menyempatkan waktunya untuk ikut bergabung. Kegiatan menjadi lengkap, selain hadir Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah Ambon, H. R.R. Hasanusi, hadir juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku, Dr. H. Abdullah Latuapo, serta Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis.

Plt Kakanwil Agama Maluku, Jamaludin Bugis, dalam sambutannya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Yayasan Ar-Rahmah Ambon, Habib Rifqih, yang sudah menggagas kegiatan penting dalam sejarah Islam ini.

Harapan Jamaludin, kiranya dari kegiatan Tablik Akbar ini, masyarakat di Kota Ambon khususnya, dan Maluku umumnya dapat terus menjaga hubungan silaturahminya demi tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis di negeri para raja ini.

Jamaludin mempertajam sambutannya dengan menekankan, sekalipun terdapat perbedaan paham, namun hubungan antar sesama Muslim harus tetap dijaga dengan baik, agar terus tercipta kehidupan yang rukun, damai dan harmonis sepanjang waktu.

Secara singkat, menurut Jamaludin, makna penting dari perayaan Isra Mikraj, untuk mengingatkan kepada seluruh umat Muslim, tentang pentingnya menjaga shalat yang lima waktu, dan menjaga hubungan tali silaturahmi antar sesama manusia, terutama lagi sesama umat Islam.

Jamaludin juga memanfaatkan momentum perayaan Tablik Akbar ini, untuk mengingatkan seluruh umat Muslim baik di Kota Ambon maupun Maluku umumnya, agar sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, guna terciptanya kehidupan yang harmonis, rukun, damai dan toleransi untuk masa depan Maluku yang lebih baik.

Sementara Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar, yang turut didaulat memberikan sambutan meminta dukungan penuh dan ikhlas dari seluruh warga di Maluku, untuk turut serta membantu aparat, dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Sebagai orang baru di Maluku, Kapolda mengaku sangat membutuhkan dukungan itu dari seluruh warga, sehingga Maluku selamanya menjadi provinsi yang rukun, aman dan damai.

Tak beda jauh dengan sambutan Kapolda dan Kakanwil Kemenag Maluku, Ketua MUI Maluku, Dr. Abdullah Latuapo, juga berharap dengan adanya Tablik Akbar ini, dapat membawa hikmah kepada pemerintah daerah dan masyarakat Maluku. Dijauhkan dari berbagai bencana, baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan.

“Mari sama-sama kita merenungi, mengikuti apa yang nanti disampaikan oleh para Habib kepada kita. Semoga apa yang disampaikan menjadi hikmah yang dapat kita amalkan dalam hidup dan kehidupan kita,” harap Abdullah Latuapo, yang juga Wakil Rektor III IAIN Ambon. (*)

------ ======================

Berita Populer

To Top