BERITA COVID-19

1 Positif, ODP Naik Jadi 53 Orang di Maluku

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku merilis, dari dua warga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Haulussy, Kudamati, Kota Ambon satunnya resmi positif terjangkit wabah Coronavirus-19.

Sementara untuk jumlah ODP di Maluku naik dari jumlah 27 menjadi 53 orang. Demikian disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kasrul Selang, dalam konfrensi pers di Lt 6 Kantor Gubernur Maluku, Minggu, 22 Maret 2020.

| Baca juga, 27 ODP, 2 PDP; Update Pantauan Covid-19 di Maluku

Kasrul menyebutkan, satu PDP yang resmi divonis positif itu, setelah tim medis melakukan pemeriksaan spesimen darah untuk Covid-19 yang diterima dari Departemen Kesehatan di Jakarta subuh tadi. “Kita diberitahu lewat telepon pukul empat subuh tadi, bahwa dari tiga sample yang dikirim ke Jakarta, sudah ada hasil spesimennya, yakni satu PDP telah terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Kasrul, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh.

Selain terkonfirmasi satu PDP telah terinfeksi Covid-19, Kasrul juga membenarkan terjadi peningkatan status ODP yang sebelumnya hanya 27 orang, naik menjadi 53 orang. Sedangkan PDP tinggal satu orang, setelah satu orangnya dinyatakan positif.

53 ODP itu, terdiri dari tiga orang di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), 10 orang di Kabupaten Buru, dua orang di Kota Tual, enam orang di Kabupaten Kepulauan Aru, enam orang di Kota Ambon, dan 26 orang di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). “Di KTT sebelumnya sudah dinyatakan tidak ada, namun dari data yang dimasukan oleh pemerintah kabupaten setempat pukul 12.00 Wit tadi, tercatat sudah 26 masuk daftar ODP. Dan untuk satu PDP itu berada di Kota Ambon, dan sementara dirawat di ruang isolasi RSUD Dr. M. Haulussy Ambon,” simpul dia. (*)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top