NEWS UPDATE

MUI Maluku Minta Warga Jaga Kedamaian

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku mengimbau kepada umat Islam di daerah ini dan khususnya masyarakat Kota Ambon untuk tetap menjaga stabilitas keamanan, kedamaian, ketentraman hidup orang basudara di Maluku sehubungan dengan konflik kemanusiaan yang terjadi di India. Demikian imbauan Sekretaris MUI Maluku Abdul Manan Latuconsina, yang disampaikan kepada Rakyat Maluku, Rabu, 11 Maret 2020.

Menurut Manan, MUI Maluku ikut prihatin terhadap konflik kemanusiaan yang terjadi di India. Konflik sesungguhnya tidak patut ditiru oleh seluruh umat di dunia, terutama di Indonesia, dan khususnya di Maluku.

Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk menyikapinya dengan pikiran jernih, hati yang tenang, dapat menahan diri, menahan emosi, dan tidak perlu ada balas dendam karena upaya balas dendam adalah perbuatan tidak terpuji dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam, pesan Manan.

Ia juga meminta kepada umat Islam di Maluku untuk dapat menyalurkan rasa keprihatinannya kepada umat Islam di India melalui ibadah, yaitu berdoa dan Dzikir kepada Allah SWT sehingga umat muslim di India diberikan kekuatan Iman lahir batin dan konflik kemanusiaan yg dialami tersebut dapat segera berakhir.

“Kehidupan orang basudara di Maluku sudah berjalan dengan begitu baik mari kita jaga dan pelihara, karena semua ini tanggung jawab dan kepentingan bersama kita masyarakat Maluku untuk menjaga Kondusifitas daerah yang kita cintai,” pesannya.

Tak saja beribadah dan mendoakan agar masyarakat Muslim di India segera dibebaskan dari konflik berdarah ini, tapi juga diharapkan Manan, agar masyarakat dapat sama-sama menyalurkan bantuannya kepada warga Muslim India, melalui organisasi pemerintah atau lewat LSM kemanusiaan yang bergerak di bidang penanggulangan atau bidang sosial. Sehingga, kiranya bencana kemanusiaan yang kini dihadapi warga Muslim di India, dapat segera berakhir.
Sebagai warga Maluku, Manan menyadari betul, bahwa konflik kemanusiaan sangatlah tidak baik untuk kehidupan sosial masyarakat. Hal ini disadari Manan, mengingat Maluku termasuk salah satu daerah di India yang pernah langsung mengalami konflik kemanusiaan. Meskipun konfliknya berbeda, namun konflik kemanusiaan tetaplah sangat tidak baik. Sebagai orang beriman dan beragama, Manan berharap agar semua persoalan terkait konflik kemanusiaan di negara dan dunia, termasuk di India, dapat disikapi dengan tenang dan tidak mudah terprovokasi. (*)

========= ========= ======================
--------------------

Berita Populer

To Top