KABUPATEN SBT

Waspada Coronavirus, Wabup SBT Pantau Kesiapan Posko

RAKYATMALUKU.COM – SBT,- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Fachri Husni Alkatiri secara langsung memantau kesiapan petugas di Posko Terpadu Pencegahan Coronavirus desease (COVID-19) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bula, Kabupaten SBT, Senin, 23 Maret 2020.

Kunjungan Wakil Bupati SBT, Fachri Husni Alkatiry didampingi Kapolres Kabupaten SBT, AKBP Andre Sukendar, Dandim 1502, Ketua Komisi A DPRD SBT, Umar Gassam, dan Anggota DPRD SBT, Hasan Rumadan.

| Baca juga, Update, ODP Corona di Maluku Terus Meningkat

Tiba di posko, Wakil Bupati SBT tampak berdikusi dengan Kapolres, Dandim dan tim yang sudah siaga untuk lebih siap dalam menghadapi wabah Covid-19 di SBT. “Kita pantau untuk memastikan sejauh mana kesiapan para petugas di posko, baik pihak TNI-Polri maupun petugas kesehatan. Penting dilakukan sebagai upaya untuk memastikan masyarakat terbebas dari virus berbahaya itu,” ujar Wabup SBT di sela-sela kunjungannya.

Sementara Dandim 1502, Letkol Inf Wahyu, meminta agar pemerintah Kabupaten SBT segera berkoordinasi dengan Pemprov Maluku, kalau perlu Pempus, agar menyiapkan seluruh perangkat kebutuhan pelayanan kesehatan di SBT, yang berhubungan dengan penanangan Covid-19. Sebab, SBT memiliki letak geografis kepulauan, yang jauh dari rumah sakit khusus penanganan Covid-19 di Ibukota Provinsi Maluku, Kota Ambon. Beberapa fasilitas penting yang harus disediakan di RSUD Bula seperti, alat pelindung diri (APD). Hal ini penting, sehingga petugas tidak mengalami kesulitan ketika dihadapkan dengan pasien yang terdampak.

Hal penting lainnya ditekankan Dandim, yakni mengimbau masyarakat agar tidak percaya dengan informasi hoax, dan senantiasa menjaga kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Ia juga menyarankan agar pintu-pintu perhubungan masuk-keluar di SBT harus dipantau dan disterilkan, serta disiapkan peralatan tes suhu tubuh warga yang hendak berkunjung ke SBT, termasuk juga bagaimana mengajak masyarakat untuk menghindari kegiatan-kegiatan bersifat akbar.

Sedangkan Ketua Komisi A DPRD SBT, Umar Gassam mengakui, sejauh ini Pemda SBT telah aktif mensosialisasikan ke masyarakat agar tidak mengadakan kegiatan yang menghadirkan banyak audiens. Prinsifnya, kata dia, DPRD akan terus mendukung semua kebijakan Pemda SBT terkait pola dan sistem penanganan Covid-19 di daerah Ita Wotu Nusa itu. Termasuk, soal kebijakan Pemda SBT untuk mengurangi aktifitas ASN di kantoran dan merumahkan kegiatan-kegiatan di sekolah.

Ia berharap, wilayah SBT dapat dijauhkan dari musibah Covid-19, dan mengajak masyarakat untuk senantiasa berdoa agar daerah itu terhindar dari wabah yang mematikan dan menghebohkan dunia tersebut. (*)

------ ======================

Berita Populer

To Top