ACT | AKSI CEPAT TANGGAP MALUKU

ACT Dongkrak Usaha Rumahan Warga di Tengah Covid-19

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Maluku terus bergerak untuk membantu warga. Tidak saja melakukan aksi membatu warga selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1441 H kemarin, kali ini, ACT Maluku bergerak ke lapangan untuk mendongkrak usaha warga yang mulai melemah akibat pandemi Covid-19.

Warga yang dibantu lebih difokuskan kepada ibu-ibu rumah tangga yang sedang aktif membuka usaha dagangan di rumah. Meskipun kecil, namun usahanya tetap dipastikan untuk berjalan selama daerah dan bangsa ini dilanda pandemi Covid-19. Bantuan disalurkan untuk membantu warga agar usaha mereka tetap dapat berjalan, demi mempertahankan roda ekonomi kesehariannya.

Kali ini, Ibu Sanaria, salah satu pedagang gorengan di kawasan Air Besar (Arbes) Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, yang mendapatkan rizki bantuan langsung dari ACT Maluku untuk mendukung usahanya melalui program Sahabat UMI (Usaha Mikro Indonesia). Bantuan diserahkan langsung oleh Tim ACT Maluku, kepada Ibu Sarina, Jumat, 29 Mei 2020.

Vice President ACT, Insan Nurrochman, menjelaskan, Sahabat UMI merupakan sedekah modal kerja yang dikhususkan bagi pelaku usaha Perempuan pemilik usaha rumahan atau pedagang keliling yang terdampak pandemi Covid-19. Terealisasinya program ini dilandaskan oleh beberapa fakta yang terjadi di lapangan.

Klik Gambar untuk Menyalurkan Donasi Anda bersama #INDONESIADERMAWAN

“Para pemilik usaha harus memenuhi kriteria diantaranya penggerak usahanya adalah perempuan dari keluarga prasejahtera dengan skala rumahan atau pedagang keliling, modal usaha di bawah Rp 1juta, produk siap jual (bukan dropshipper atau barang ada jika ada pesanan), tidak mensyaratkan agunan fisik atau hal lainnya, wajib memiliki usaha dan pengalaman berjualan sebelumnya, tidak dalam proses atau pengajuan modal usaha dari lembaga lainnya, dan tidak menggunakan dana tambahan modal untuk kebutuhan pribadi,” jelas Insan, terkait kriteria untuk mendapatkan bantuan dari ACT Maluku.

Setelah menerima bantuan ini, Ibu Sanaria mengaku bersyukur, dan terlihat bahagia. Sebab, usahanya terancam tutup, lantaran modal dan pendapatannya kian menipis.

Sanaria berharap, bantuan ini juga dapat menyentuh rekan-rekannya yang lain, sehingga usaha mereka tetap dapat dipertahankan kendati negara sedang dihadapkan dengan bencana wabah Covid-19. “Atas bantuan dari ACT Maluku ini, saya sekarang dapat kembali membuka usaha ini. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk keluarga saya, dan ke depan, ACT Maluku terus mendapatkan dukungan dari masyarakat umum, agar dapat terus membantu warga seperi kami,” pesan Sanaria, berdoa.

Untuk melanjutkan program ini agar dapat terus membantu pedagang kecil, guna menggerakan perekonomian dan menghidupkan sektor usaha mikro. Salurkan donasi terbaik Sahabat Dermawan melalui www.malukuindonesiadermawan.id. “Semoga ikhtiar ini menjadi bentuk tanggung jawab dan kontribusi sosial sahabat kepada masyarakat demi mengembalikan perekonomian bangsa,” tutup Insan. (*)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top