ACT | AKSI CEPAT TANGGAP MALUKU

ACT/MRI Maluku Siap Luncurkan 2000 Paket Takjil Gratis

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku siap mendistribusikan 2000 paket takjil gratis untuk pekerja sosial di Kota Ambon. Aksi sosial ini dilakukan dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu, yang sedang beraktifitas di Kota Ambon di tengah wabah pandemi virus Corona.


Ketua Program ACT Maluku, Muhammad Syamsudin Mahu menjelaskan, aksi sosial di tengah wabah virus corona selama bulan ramadhan ini, membuat mereka tidak bisa diam saja. Sebagai relawan, mereka akan terus berupaya untuk membantu masyarakat kurang mampu baik di Kota Ambon maupun daerah lainnya.

Pembagian takjil ini sendiri, kata dia, sasarannya kepada para pekerja sosial yang tengah bergelut dengan Covid 19, para santri agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi ini, maupun masyarakat umum yang terjangkau.

Beberapa lokasi yang jadi fokus pembagian makanan takjil atau berbuka puasa gratis ini, di antaranya; Pantai Losari, kawasan Masjid Raya Al-Fatah, SPBU Kebung Cengkeh, Parigi Lima, dan sejumlah Pantai Asuhan atau yayasan yang ada di Kota Ambon.

Secara umum untuk di lapangan seperti di badan-badan jalan, pembagiannya termasuk kepada para tukang ojek, becak, supir angkot dan pekerja sosial lainnya. “Selain paket takjil, kami juga berinisiatif untuk membagikan paket pangan untuk masyarakat di Kota Ambon. Olehnya itu, kami membuka kesempatan kepada para Dermawan yang dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita dengan menginfaqkan sebagian rizkinya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” pesan Mahu.

Sementara Koordinator Pembagian Takjil di Kota Ambon, Syafar, mengharapkan adanya partisipasi masyarakat secara umum agar dapat saling membantu. Sebab, pada hakekatnya kata dia, manusia merupakan pelaku kebaikan. “Kita semua adalah pelaku kebaikan, maka mari sama-sama kita saling membantu satu sama lainnya. Program pembagian takjil gratis ini sangat membantu para pekerja sosial di tengah pendemi Covid 19 ini,” singkat dia.

Baik Syafar maupun Mahu, sama-sama mengajak warga agar tetap mengutamakan social distancing dan physical distancing untuk bersama-sama melawan penyebaran wabah corona, yang kian hari mematikan. Hal utama terus diingatkan, kata keduanya, warga harus menggunakan masker ketika berada di luar rumah atau tempat keramaian seperti pasar. Tentu, hal penting yang harus dilakukan yakni menjauhi tempat-tempat keramaian, yang dianggap tidak terlalu penting. Sebab, tanpa dukungan masyarakat secara umum, wabah Corona akan sangat sulit dicegah. Penyebarannya sangat massif, sehingga membutuhkan kerjasama semua pihak. (WHL)


======================
--------------------

Berita Populer

To Top