--
KABUPATEN SBB

Aleg Gerindra Maluku Ajak Warga Lawan Covid-19

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Anggota DPRD Provinsi Maluku, M Hatta Hehanussa terus mengajak masyarakat khususnya di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), untuk bersama-sama memerangi penyebaran virus corona (Covid-19) di Maluku dan SBB khususnya.

Ajakan ini disampaikan Aleg asal Fraksi Gerindra tersebut ketika bertemu dengan warga di wilayah Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Selasa, 19 Mei 2020.

Ia menjelaskan, ada berbagai cara untuk menghindarkan diri dari wabah Covid-19 yang tengah mendera dunia termasuk Indonesia pada umumnya.

Cara-cara itu telah dianjurkan langsung oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang ditindaklanjuti masing-masing pemerintah di setiap negara, termasuk di Indonesia. Misalnya, terus meningkatkan physical distancing.

“Menjaga jarak fisik atau physical distancing merupakan cara untuk menghindari penyebaran virus corona lebih luas. Sebab, menjaga jarak ini direkomendasikan langsung oleh para ahli lewat WHO. Nah, masyarakat kapanpun bisa silaturahmi dengan cara via telefon misalnya. Jadi, budaya untuk menjaga silaturahmi dapat tetap dilakukan via ponsel, namun tetap menjaga jarak sebagai usaha bersama melawan penyebaran Covid-19 ini,” tegas Hatta.

Beberapa hal penting yang patut dilakukan secara intens untuk pencegahan penyebaran Covid-19, misalnya, tetap menggunakan masker ketika berada di luar rumah atau berbincang dengan orang lain, dan menjauhi tempat keramaian.

Cara-cara itu menurut Hatta, sesuai anjuran pemerintah dan kesehatan, dapat mencegah penyebaran Covid-19, kalau diterapkan secara maksimal oleh semua orang. Sebab, penyebaran Covid-19 sangat massif, sehingga membutuhkan kerjasama semua pihak untuk sama-sama memutus rantai penyebarannya. “Yang terjadi saat inikan ada pasien positif Covid-19 yang sembuh. Jadi, tidak perlu untuk kita takuti secara berlebihan, apalagi membuat gerakan-gerakan tambahan di luar pengetahuan kita. Yang terpenting saat ini adalah, bagaimana kita terapkan jaga jarak, selalu pakai masker, dan karantina diri,” pesan Hatta.

Tak terlupakan, Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku itu juga mengingatkan pelaku perjalanan agar tetap mematuhi anjuran pemerintah. “Jika ada warga yang datang dari luar ke Pulau Seram, khususnya di SBB, kita terima dengan catatan harus mematuhi anjuran pemerintah, terutama karantina, pakai masker dan lainnya,” pesan Hatta, yang disertakan dengan pembagian masker kepada warga untuk dapat digunakan dalam beraktivitas.(*)


======================
--------------------

Berita Populer

To Top