BERITA COVID-19

Dua Wafat di Ambon, Positif/Negatif C-19 Tunggu Hasil Swab

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Satu warga Kota Ambon inisial HT (62), berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) wafat setelah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haulussy, Kudamati Kota Ambon, Minggu, 3 Mei 2020 sekira Pukul 11.00 WIT.

Sebelum wafat, HT sempat mendapatkan pemeriksaan standar pasien Covid-19 dengan menggunakan rapid test. Hasilnya, HT reaktif positif. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), yang dikirimkan ke Jakarta, lantaran alat PCR di Kota Ambon tidak dapat berfungsi. Hasil PCR hingga HT meninggal belum diterima Tim Medis.

Klik untuk daftar Maba di IAIN Ambon

Sebelumnya, satu warga Kota Ambon inisial MA (36) yang juga berstatus PDP wafat setelah dirujuk ke RSUD pada Jumat, 1 Mei 2020 lalu. Kedua pasien warga Kota Ambon ini telah dimakamkan pada dua tempat berbeda di Kota Ambon.

Karo Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Maluku, Meky Lohy, melalui releasenya menjelaskan, meskipun hasil pemeriksaan kedua jenazah menggunakan metode rapid test menunjukkan reaktif positif, namun harus ada hasil swab yang diperiksa dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk dapat memastikan keduanya 100 persen positif atau tidak.

“Dua warga Kota Ambon berstatus PDP telah wafat ketika dirawat di ruang isolasi RSUD dr. M. Haulussy Ambon. Namun kedua jenazah itu akan dinyatakan positif atau negatif Covid-19 setelah ada hasil Swab,” jelas dia, melalui rilis yang diterima rakyatmaluku.com, siang ini.

Ia menjelaskan, sesuai petunjuk WHO serta surat edaran yang dikeluarkan pihak RSUD dr. M. Haulussy Ambon, maka pasien tersebut akan dimakamkan dengan menggunakan protokol Covid-19. “Demi pencegahan, meskipun belum terkonfirmasi positif, tapi sudah diberlakukan seperti pasien yang sudah terkonfirmasi. Seperti keluar dari ruang isolasi, ke kamar mayat, hingga perlakuan sampai ke tingkat pemakaman, termasuk PDP gejala ringan sekalipun,” singkat Lohy. (*)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top