KOTA AMBON

Pemuda di Ambon Deklarasi Takbiran di Rumah

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Puluhan pemuda-pemudi dan remaja masjid (Remas) di Kota Ambon melakukan deklarasi bersama, mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan melakukan takbiran di rumah masing-masing.

“Kami, pemuda-pemudi serta remaja masjid di Ambon, siap mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai Virus Corona, dengan melakukan takbiran di rumah masing-masing,” tegas mereka dengan nada kompak, usai acara buka puasa bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku, di Masjid Al-Ukhuwa Kapaha, Ambon, Kamis, 21 Mei 2020.

Sebelum deklarasi, MUI Provinsi Maluku menggelar pertemuan dengan para pemuda dan remas di Kota Ambon, dalam rangka buka puasa bersama dengan tema “Untuk Menciptakan Kemanan, Ketertiban dan Perdamaian, serta Memutus Rantai Covid-19 di Kota Ambon”.

Ketua MUI Provinsi Maluku Abdullah Latuapo, dalam acara buka puasa tersebut menyampaikan fatwa MUI Pusat yang diteruskan dengan Maklumat MUI Provinsi Maluku No. 04 Tahun 2020, dalam rangka melaksanakan Takbiran dan Salat Idul Fitri I Syawal I441 H/2020 M, dengan suasana pandemi Covid-19 di Provinsi Maluku.

Isi Maklumat MUI Provinsi Maluku itu, pertama, takbiran malam I Syawal 1441 H/2020 M, hendaklah dilaksanakan di masjid/musholla atau tempat kediaman masing-masing, dengan tidak melakukan pawai dan konvoi keliling.

Kedua, khususnya di Kota Ambon, pelaksanaan Salat Idul Fitri dilakukan di rumah atau kediaman masing-masing secara berjamaah atau sendiri-sendiri (Munfarid), sesuai tata cara Salat ldul Fitri sebagaimana Fatwa MUI.

Dan ketiga, lanjut Latuapo, untuk kabupaten/ kota di Provinsi Maluku yang tidak ditetapkan sebagai zona merah oleh pemerintah, maka pelaksanaan Salat Idul Fitri, Salat Jumat, dan Salat Rawatib, tetap dilaksanakan secara berjamaah di masjid sebagaimana biasa.

Menurut Latuapo, Maklumat MUI Provinsi Maluku itu berdasarkan fatwa MUI Pusat No. l4 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19, dan fatwa MUI Pusat No. 28 tahun 2020 tentang panduan Kaifiat Takbiran dan Salat Idul Fitri saat pandemi Covid-19.

Selain itu, juga berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama No. SE. 6 tahun 2020 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal di tengah pandemi wabah Covid-19, dan Penetapan Menteri Kesehatan RI tentang Kota Ambon sebagai zona merah penyebaran Covid-19 di Provinsi Maluku.

“Olehnya itu, saya mengajak para pemuda dan remas di Kota Ambon untuk tidak melakukan konvoi atau pawai takbiran di jalan-jalan. Dan untuk wilayah dengan zona hijau dan kuning, dapat melaksnakan takbiran dan Salat Ied di mesjid dan lapangan-lapangan luas, namun pelaksanaannya harus tetap dengan ketentuan2 prosedur kesehatan,” imbaunya. (*)

========= ========= ======================
--------------------

Berita Populer

To Top