BERITA COVID-19

Tujuh Sembuh, 18 Positif Covid-19 di Maluku

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Tujuh pasien Covid-19 di Maluku dinyatakan sembuh setelah menjadi perawatan kesehatan secara intensif. Sayangnya, berbanding terbalik, hanya tujuh yang sembuh, sementara pasien terkonfirmasi positif bertambah 18 orang.

Mereka adalah pasien dalam pengawasan (PDP) setelah dilakukan pengambilan spesimen lendir menggunakan swab, dan diperiksa dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon.


“Ada penambahan 18 pasien Covid-19. Untuk identitasnya akan disampaikan besok (hari ini) oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Maluku. Sehingga total sudah 188 pasien terkonfirmasi,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Maluku Melky Lohy, saat dikonfirmasi rakyatmaluku.com, Rabu, 27 Mei 2020.

Selain penambahan 18 pasien baru, lanjut Melky, juga terdapat tujuh pasien yang telah dinyatakan sembuh, setelah dua kali dilakukan pengambilan spesimen lendir menggunakan swab dan diperiksa dengan PCR, hasilnya menunjukkan negatif.

Tujuh pasien sembuh itu diantaranya, pasien 63 inisial SL (46) berjenis kelamin laki-laki, pasien 67 inisial SS (51) berjenis kelamin perempuan, pasien 70 inisial YT (27) berjenis kelamin perempuan, pasien 71 inisial JMP (42) berjenis kelamin perempuan, pasien 72 inisial ES (42) berjenis kelamin perempuan, pasien 97 inisial RR (29) berjenis kelamin laki-laki, dan pasien 98 inisial NL (26) berjenis kelamin perempuan.

“Hari ini (kemarin) juga ada tujuh pasien sembuh dari wabah penyakit Covid-19. Sehingga total sudah 34 pasien yang sembuh. Sedangkan pasien yang dirawat bertambah 10 orang, total 146 pasien,” terang Melky.

“146 pasien terkonfirmasi itu terdiri dari 129 orang di Kota Ambon, enam orang di Kabupaten Buru, lima orang di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), empat orang di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dan dua orang di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB),” tambahnya.

Ia menjelaskan, untuk pasien yang meninggal dunia hanya bertambah satu orang, yakni almarhum dengan inisial SM (37) berjenis kelamin perempuan, warga Kota Ambon, yang wafat saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Tingkat (RST) II dr. J. A. Latumetten Ambon, Minggu, 24 Mei 2020, pukul 19.20 Wit.

“Hasil pemeriksaan awal menggunakan rapid test (RDT) telah menunjukkan reaktif. Dan setelah diambil swab dan diperiksa dengan metode PCR di BTKL-PP Kelas II Ambon, hasilnya sudah kita terima dan menunjukkan positif Covid-19. Sehingga total pasien yang wafat berjumlah delapan orang,” jelas Melky.

Untuk jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 22 orang, terdiri dari 17 orang di Kota Ambon, empat orang di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dan satu orang di Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

“Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 63 orang, terdiri dari 53 orang di Kota Ambon, satu orang di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dan sembilan orang di Kabupaten Malteng,” pungkas Melky. (*)


======================
--------------------

Berita Populer

To Top