NEWS UPDATE

MUI Maluku Sodorkan Dua Permohonan ke Wapres

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provisni Maluku menyodorkan dua permintaan kepada Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin. Permohonan itu disampaikan saat pimpinan MUI Maluku menyambangi mantan Ketua MUI pusat, pada Selasa pekan lalu.

Pertama, MUI Provinsi Maluku berharap Wakil Presiden RI, dapat memperhatikan penetapan Maluku sebagai Emberkasi Haji dan kedua Maluku dijadikan sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN).

Ketua MUI Provinsi Maluku, Abdullah Latuapo menyampaikan, apa yang disampaikan ke Wakil Presiden (Wapres) itu, sebelumnya juga telah disampaikan kepada Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi terkait dengan penetapan Provinsi Maluku sebagai salah satu Embarkasi Haji untuk wilayah Indonesia Timur.

“Soal penetapan Maluku sebagai emberkasi itu, kita juga sudah menyampaikan langsung kepada Pak Wapres,” ujar Abdullah Latuapo, Minggu 12 Juli 2020.

Dikatakan, dalam pertemuan itu, Wapres secara pribadi merespons sangat baik dan berjanji akan dikaji untuk kemudian ditindaklanjuti. Pihaknya juga menyampaikan agar pembangunan di Maluku yang lagi on procces juga perlu lebih diperhatikan oleh pemerintah pusat.

Selain itu, Ketua MUI Maluku pada pertemuan itu juga menyinggung soal Undang-Undang Provinsi Kepulauan yang sudah masuk program legislasi nasional (prolegnas) 2020 agar dapat disahkan menjadi undang-undang.

“Termasuk meminta kepada Pak Wapres untuk segera menindaklanjuti penetapan Provinsi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN), itu kita dampaikan,” terangnya.

Menurutnya, itu juga sangat penting, karena potensi di sektor perikanan sangat besar bagi pembangunan di Maluku kalau terkelola secara baik dan benar. Untuk itu, payung hukum soal penetapan ini menjadi sangat penting dieksekusi.

Ia juga mengaku telah menyampaikan perkembangan terkini soal kehidupan kerukunan antar umat beragama di Provinsi Maluku yang semakin hari semakin membaik.

Dalam kesempatan itu, lanjutnya, Wapres menyampaikan salam hormat kepada masyarakat Maluku agar tetap menjaga kerukunan umat beragama dan keharmonisan yang sudah tercipta di masyarakat. Wapres juga berharap, masyarakat Maluku bisa belajar dari peristiwa kelam masa lalu dan berfikir lebih maju kedepan.(*)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top