--
OPINI

Perekonomian Masyarakat di Ambon Tetap Terjaga Walau Adanya Virus Corona

NUR MAGHFIRAH | Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Islam Indonesia

Oleh | Nur Maghfirah | Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Islam Indonesia

DI TAHUN 2020 ini dunia sedang dilanda oleh penyebaran virus corona yang membuat perubahan drastis pada kehidupan masyarakat di dunia. Salah satu dampak dari munculnya penyebaran virus corona ini sangat mempengaruhi sektor perekonomian menjadi posisi yang sangat memprihatinkan. Banyak orang-orang yang kehilangan pekerjaan dan sulit mendapatkan penghasilan karena adanya virus covid yang masih menyebar sampai saat ini.

Di Ambon sendiri dampak dari adanya virus covid ini telah menyebabkan perekonomian di kota Ambon menjadi sangat lambat. Dengan adanya pengurangan aktivitas pada masyarakat hal tersebut juga menjadi salah satu faktor dari lambatnya pertumbuhan ekonomi di Ambon.

Seperti yang dikatakan oleh Noviarsano Manullang sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) bahwa, “Perlambatan pertumbuhan ekonomi secara nasional sekitar 4,2 persen sampai 4,4 persen, “ yang disampaikan pada konferensi Pers yang dilakukan secara live melalui akun Instagram KPw-BI Maluku, Senin 23/3.

Dampak lain yang terjadi di Ambon yang dikarenakan adanya virus corona yang sedang terjadi saat ini yaitu jumlah wisatawan, pengunjung hotel, jumlah pesawat, dan jumlah penumpang yang ingin berkunjung ke Ambon mengalami penurunan setiap harinya.

Para pekerja yang bekerja di bidang tersebut pastinya mengalami penurunan pada pendapatan dari pendapatan yang sebelumnya pada saat sebelum adanya virus corona. Seperti pada umumnya, setiap orang pasti ingin tetap menjaga kesehatan dan kebutuhan perekonomian mereka tetap stabil. Banyak masyarakat yang hidupnya bergantung pada pendapatan yang mereka dapatkan pada hari itu. Dengan adanya virus corona ini sangat membuat masyarakat yang hidupnya bergantung pada pendapatan mereka perhari menjadi sangat kesulitan.

Untuk mengurangi penyebaran virus corona, pemerintah kota Ambon mengambil kebijakan untuk melaukan PSBB. Sebelum membuat memutuskan untuk melakukan PSBB pemerintah kota Ambon sudah memikirkan dampak yang akan terjadi kepada msayarakat yang salah satunya dampak pada perekonomian masyarakat. Maka dari itu pemerintah kota Ambon dan juga para penanggung jawab atas tindakan dilakukannya PSBB ini memberikan jaminan social kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat yag terdampak perekonomiannya tetap dapat bertahan hidup tanpa adanya rasa takut akan kekurangan kebutuhan hidupnya. Dengan begitu hak kesehatan dan hak ekonomi masyarakat akan tetap terjaga dan stabil.

Pemerintah kota Ambon benar-benar memperhatikan dampak dari apa yang dilakukan kepada masyarakatnya. Dengan beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kota Ambon sudah dipikirkan juga solusi yang akan diberikan terhadap masyarakatnya. Sebisa mungkin pemerintah kota Ambon mempertahankan kestabilan perekonomian masyarakatnya agar masyarakat tidak mengalami penderitaan karena kebijakan yang dibuatnya.

Selain itu juga pemerintah kota Ambon sangat memperhatikan ketersediaan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat di kota Ambon tetap tercukupi. Jadi, segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota Ambon demi masyarakat agar tetap mematuhi kebijakan yang sudah dibuat oleh pemerintah tanpa rasa takut akan dampak yang akan dialami dalam kebutuhan social masyarakat. (*)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top