AMBONESIA

25 Peserta Seleksi Bawaslu Lolos Administrasi

RakyatMaluku.com – SELEKSI anggota panitia Pengawas pemilihan (Panwaslih) yang dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawalsu) Pusat untuk penambahan 2 anggota di Bawaaslu Maluku, kini telah melalui tahap seleksi administrasi. Dari 30 peserta yang mendaftar untuk mengikuti proses seleksi tersebut, yang dinyatakan lolos administrasi sebanyak 25 orang.

Komisioner Bawaslu Provinsi Maluku, Astuti Usman, mengatakan, setelah tahapan seleksi administrasi ini, kemudian akan dilanjutkan dengan tahap berikut, yakni tes tertulis, yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei mendatang.

“Seleksi anggota Bawaslu maluku ini dilakukan oleh Bawaslu Pusat. Dan yang memasukan berkas itu julahnya ada 30 orang. setelah dilakukan verifikasi administrasi, yang lolos hanya 25 peserta. Selanjutnya akan dilaksanakan tes tertulis pada 20 Mei,” ujar Astuti, kepada wartawan di Kota Ambon, Jumat, 18 Mei.

Kata Astuti, yang dibutuhkan dalam seleksi kali ini yakni peserta yang memiliki kemampuan dan loyalitas, serta integritas yang baik, agar kerja sama dalam tim bisa dibangun secara baik. Yang paling diperhatikan juga dari peserta seleksi menyangkut dengan independensinya. Jangan samppai ada peserta yang telah terdaftar sebagai anggota di partai politik maupun terlibat sebagai tim sukses pada pasangan calon tertentu.

Hal Ini sangat penting sesuai dengan perintah Undang-Undang (UU) nomor 7 tahun 2017, tentang penambahan, dua komisioner Bawaslu tingkat Provinsi, yang pesertanya tidak boleh ada keterkaitan dengan partai politik, apalagi menjadi pengurus maupun simpatisan parpol, itu sangat tidak dimungkinkan.

“Itu masuk dalam kriteria, dan kriteria ini yang digunakan itu merujuk pada UU Nomor 7 tahun 2017. Dimana peserta tidak boleh terlibat sebagai anggota atau pengurus parpol maupun tim sukses atau relawan.”

Tim seleksi itu semuanya didatangkan dari Bawaslu pusat. Hal ini dilakukan agar kemudian tidak ada tendesi negative terhadap proses seleksi yang dilaksanakan. Karena seluruh prosesnya, dilakukan secara independen dengan melihat pada kemampuan peserta. “Seleksi ini dilakukan secara independen, sehingga tidak ada yang menduga ada permainan kepentingan didalamnya dan proses yang berjalan ini betul-betul bersih,” kata dia.

Setelah tes tertulis dan wawancara, akan dilanjutkan dengan tahap psiko tes yang dilakukan oleh tim dari Polda Maluku. Kemudian dilanjutkan dengan Fit and Proper test atau uji Kelayakan dan Kepatutan yang akan dilaksanakan di Jakarta.

“Jadi dari 25 peserta yang telah ada ini akan mengikuti beberapa tahapan ditingkat Provinsi. Kemudian yang terseleksi hanya empat orang saja. Dan empat orang itu yang akan dikirimkan ke Jakarta untuk mengikuti Fit and Proper Test. Dari empat ini, hanya dua yang akan ditetapkan lolos sebagai komisioner Bawalsu,” kata dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top