HUKRIM

32 Orang Diperiksa Terkait DD Hitumesing

RakyatMaluku.com – PENYELIDIKAN terkait kasus dugaan korupsi Dana Desa Negeri Hitumesing, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, terus dilakukan penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pulau Ambon dan Pp Lease.

Untuk mengungkapkan masalah uang yang dikelola pejabat Hitumesing Etwin Slamet, polisi sudah memeriksa puluhan saksi. Sayang, persoalan ini belum dinaikan statusnya ke tahap penyidikan oleh Satreskrim.

“Sudah 32 orang yang diperiksa penyidik. Terakhir, Rabu, 5 Sepetember. Dua wanita yang dimintai keterangan.

Kasusnya belum ditingkatkan ke penyidikan. Ini masih sebatas pengambilan bahan keterangan,” kata Paur Subbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease Ipda Yahya. M. Leinussa kepada Rakyat Maluku, Kamis, 6 Sepetmber.

Untuk diketahui, masyarakat Hitumesing melaporkan dugaan pengelapan dana desa ke Polres Pulau Ambon dan Pp Lease. Diduga ada korupsi dalam pemakaian DD ini. Disinyalir, penyalahgunaan DD selama tiga tahun berturut-turut, yaitu tahun 2015 sampai 2017. Jumlah DD tahun 2015 senilai Rp500 juta, 2016 Rp800 juta dan 2017 Rp1,6 miliar. Dari laporannya ke Inspektorat Kabupaten Malteng, dana yang diperoleh, dipakai semuanya untuk pembangunan. Padahal, setelah dilaporkan dan penyidik mengecek langsung, ternyata ada dugaan penyalahgunaan dana desa Hitumesing. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top