KESEHATAN

4 Kesalahan Merawat Kulit Yang Bikin Rusak

KULIT merupakan organ terluar dan terluas dari tubuh manusia. Fungsinya tak hanya untuk melindungi tubuh, tapi juga mempercantik penampilan.

Namun sayangnya, banyak orang sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang cenderung merusak kulit ketimbang memperindahnya.

Jika kulit Anda tidak terpelihara dengan baik, ada segudang masalah yang bisa muncul. Mulai dari jerawat, kulit kering, kulit kusam, eksim, dan sebagainya. Selain bikin bete, juga bisa membuat penampilan Anda jadi kurang maksimal.

Untuk mencegah kerusakan pada kulit, sangat penting bagi untuk memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Apakah Anda selama ini sudah merawat kulit dengan benar? Apakah produk kecantikan kulit yang Anda pilih benar-benar ramah untuk jenis kulit Anda?

Jika Anda belum bisa menjawabnya, coba ingat-ingat dulu sambil membaca empat kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat kulit berikut ini. Siapa tahu Anda menemukan kekeliruan Anda di sini.

1. Menggunakan air hangat saat mandi.
Mandi dengan air hangat memang bikin relaks, apalagi saat cuaca sedang dingin. Namun, mandi air hangat terlalu sering atau terlalu lama dapat membuat kulit kering. Anda disarankan menggunakan air dengan suhu ruangan atau air dingin. Jika ingin mandi dengan air panas, pastikan tidak terlalu sering dan terlalu lama.

2. Asal pilih produk pembersih wajah.
Produk perawatan wajah dibuat khusus berdasarkan jenis kulit. Kenalilah jenis kulit Anda sebelum menentukan produk yang akan digunakan. Untuk jenis kulit kering, sebaiknya pilih produk yang mengandung pelembap.

3. Malas membersihkan riasan.
Bagi Anda yang sering menggunakan kosmetik, pastikan selalu membersihkan wajah dari sisa-sisa produk saat akan tidur. Jika tidak dibersihkan dengan baik, maka akan menumpuk dan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusam danjerawat.

4. Malas menggunakan tabir surya.
Radiasi UV dapat merusak struktur kolagen pada kulit sehingga kulit tampak kusam dan kendur. Selain itu, paparan sinar UV berlebih bisa membuat Anda berisiko terkena kanker kulit. (klikdokter)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top