KESEHATAN

4 Manfaat Sabun Serai Untuk Kecantikan

Ilustrasi: sabun serai memiliki 4 manfaat untuk kecantikan. Salah satunya, mengatasi masalah jerawat. (boldsky)

SERAI adalah tanaman dengan daun bergaris panjang yang memiliki tepi tidak rata. Tanaman ini memancarkan aroma lemon yang kuat. Tak hanya untuk campuran memasak, ternyata serai juga dimanfaatkan untuk bahan sabun mandi.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (8/9), tak seperti sabun mandi lainnya, sabun serai memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. Ditambah lagi, sabun serai tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman bagi kulit. Di bawah ini terdapat manfaat sabun serai untuk kecantikan.

1. Mengurangi Jerawat
Serai mengandung banyak sifat antimikroba dan antijamur yang membuatnya menjadi pilihan sempurna bagi mereka yang berurusan dengan jerawat. Selain itu, karena sabun ini buatan sendiri, tidak memiliki efek samping dan dapat dengan mudah digunakan oleh semua orang.

Namun, mereka yang memiliki kulit sensitif harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya atau mencobanya di lengan bawah mereka dan menunggu selama 24 jam untuk melihat apakah itu menyebabkan reaksi. Jika tidak, maka dapat melanjutkan untuk menggunakannya pada bagian kulit lainnya.

2. Sebagai Toner atau Pembersih
Sabun sereh bertindak sebagai toner alami yang membantu meremajakan kulit wajah karena kandungan minyak
esensial. Ini juga membantu dalam mengecilkan pori-pori besar pada kulit dan juga mengangkat kulit yang kendur.

3. Sebagai Deodoran Alami
Seperti yang disebutkan sebelumnya, sabun serai memiliki aroma lemon yang unik yang membuatnya menjadi deodoran alami. Ini juga memberi tubuh aroma menenangkan yang tahan lama.

4. Menyembuhkan Kaki Bengkak
Manfaat penting lainnya dari sabun sereh adalah mengurangi pembengkakan karena sifat-sifat diuretiknya. Oleh karena itu, sabun sereh juga berguna untuk menghilangkan kaki yang bengkak dan membantu meremajakan kulit kaki yang usang. (fid/JPC)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top