AMBONESIA

6 Lembaga Quick Kount Jalani Verifikasi Di KPU Maluku

RakyatMaluku.com – JELANG Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku yang berlangsung pada 27 Juni mendatang, sebanyak enam lembaga survei dan jajak pendapat yang telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku untuk melakukan proses perhitungan cepat pada Pilkada Gubernur Maluku yang akan berlangsung nanti.

Komisioner KPU Provinsi Maluku, Almudatsir Sangadji yang dikonfirmasi Rakyat Maluku, kamis (21/6/2018) mengatakan, enam lembaga survei dan jajak pendapat yang mendaftar di KPU Maluku untuk melakukan perhitungan cepat itu yakni, Konsultan Citra Indonesia (KCI), Sinergi Data Indonesia (SDI), Indo Barometer, Lembaga Pemerhati Kebijakan (LPK), Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan Indikator.

Menurutnya, untuk melakukan aktivitas perhitungan cepat saat Pilkada nanti itu, memang lembaga-lembaga perhitungan cepat atau Quick Kount itu harus terlebih dahulu mendaftar ke KPU, agar lembaga tersebut melakukan aktivitasnya secara dengan berdasarkan ijin resmi dari KPU sebagai dasar hukum di lapangan.

“Sejauh ini, baru enam lembaga itu yang telah mendaftar di KPU Maluku untuk melakukan proses perhitungan cepat di lapangan pasca Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur Maluku nanti,” ujar Almudatsir.

Sementara itu, Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun menambahkan, enam lembaga yang telah mendaftar tersebut sedang diverifikasi berbagai kelengkapan administrasinya, baik berupa akte atau badan hukumnya,surat keterangan dari institusi yang berwenang dan lainnya oleh KPU Maluku sendiri.

Kata Syamsul, KPU mempunyai kewenangan untuk menentukan atau merekomendasikan lembaga survei yang hendak melakukan proses perhitungan cepat atau quick kount di lapangan saat pemilihan berlangsung pada 27 Juni mendatang.

“Menjadi kewenangan kita untuk menentukan lembaga mana saja yang akan melakukan perhitungan cepat di pilgub nanti. Sehingga lembaga mana yang mau berpartisipasi, maka harus mendaftar di KPU Maluku,” tegasnya.

Kata Dia, KPU Maluku dalam waktu dekat nanti, pihaknya akan mengumumkan lembaga-lembaga survei yang diizinkan oleh KPU dalam melakukan proses perhitungan cepat. “Sehari dua ini, Kita akan umumkan lembaga mana saja yang berhak melakukan perhitungan cepat di Pilkada Maluku,” tandasnya. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top