Uncategorized

7.388 JCH Bergerak Menuju Makkah

H.Yamin, Spd.Mpd

KEPADA  jamaah calon haji (JCH) asal Maluku diminta agar mengenali dari dekat berikut identitas para petugas haji yang ada di Makkah dan Madinah.

Hal ini penting agar mereka tidak mengalami kesulitan saat tercecer atau lepas dari kelompok atau regu. Beberapa petunjuk yang telah dikeluarkan oleh petugas daerah kerja (Daker) Makkah dan Madinah harus menjadi dasar petunjuk agar tidak kehilangan kontak menyusul bergeraknya 7.888 JCH ke Kota Makkah.

“Hal ini penting, sebab tidak menutup kemungkinan menumpuknya jumlah jamaah yang datang dari Madinah bisa membuat JCH kehilangan kontak dari kelompok dan regu,” ujar Kepala Sektor Khusus Daker Makkah H.Yamin, Spd.Mpd, kepada RakyatMaluku.com dari Makkah, Kamis (18/7/19).

Kepala Sektor Khusus Makkah yang dikomandoi putera Maluku ini mengakui, sampai sejauh ini belum ada kasus-kasus yang menonjol. Walau demikian, pihaknya tetap waspada mengantisipasi segala kemungkinan bila terjadi penumpukan jamaah.

Sampai saat ini, ujar Yamin, jumlah jamaah yang telah tiba di Makah terus bergerak naik. Dari data yang diperoleh pada Daker Makkah tercatat sudah 7.388 jamaah dari Madinah ke Makkah. Mereka ini berasal dari 18 kloter.

Pergerakan jumlah jamaah yang masuk ke Makkah terus bertambah usai para jamaah calon haji mengambil salat arbain di Masjidil Nabawi Madinah. 

“Pergerakan jumlah jamaah ke Makkah terus bertambah setelah mereka mengambil arbain di Masjid Nabawi Madinah. Gelombang pergerakan jamaah ke Makkah ini akan bergerak naik hingga memasuki hari H pelaksanaan wukuf di Arafah,” ujar Yamin yang memimpin 1.200 tim petugas haji Daker Makkah, itu.

Dalam gambar ini terlihat beberapa petunjuk para petugas khusus (Seksus) Daker Makkah yang berada pada beberapa pos di Masjidil Haram.

Yamin yang juga adalah Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Maluku itu mengatakan, dari jumlah jamaah yang telah tiba di Makkah itu sampai sejauh ini belum ada kasus-kasus yang menonjol terkait kejadian luar biasa.

Ia meminta para jamaah calon haji agar selalu mewaspadai di seputar Masjidil Haram menyusul adanya modus-modus penipuan seperti adanya orang-orang yang menyamar sebagai petugas haji dan berpura-pura membantu, bahkan jika punya kesempatan mereka tak segan-segan memaksa secara kasar.(DIB)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top