KESEHATAN

8 Cara Alami Mengatur Kadar Gula Darah Anda

MENJAGA kadar gula darah agar sesuai yang direkomendasikan oleh dokter, memang merupakan hal yang tak mudah. Pasalnya, banyak hal yang membuat kadar gula darah berubah secara tiba-tiba.

Berikut beberapa cara terbaik untuk membantu Anda mencapai dan mempertahankan kadar gula darah yang normal, seperti dilansir laman Care2.

1. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel ternyata bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrition Review, yang mengulas penelitian terkini tentang sifat kesehatan cuka sari apel, para peneliti menemukan bahwa cuka sari apel membantu menurunkan gula darah.

2. Blueberry
segar atau beku cukup lezat untuk dinikmati begitusaja, tapi Anda juga akan mendapatkan manfaat untuk menyeimbangkan gula darah saat Anda memakannya. Penelitian di The Journal of Nutrition menemukan bahwa penambahan blueberry pada diet meningkatkan sensitivitas insulin dan kadar gula darah.

3. Ketumbar
Ketumbar secara tradisional digunakan di bagian Eropa dan Afrika Utara untuk memerangi diabetes. Pada tahun 2011, tim ilmuwan Maroko memutuskan untuk menguji khasiatnya dalam sebuah penelitian.

4. Kayu Manis
Penelitian di jurnal Lipids in Health and Disease menunjukkan bahwa kayu manis bisa mengurangi kadar gula darah tinggi dan membantu mengatur gejala sindrom metabolik lainnya, yang merupakan kumpulan gejala, termasuk lemak perut, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, trigliserida abnormal serta kadar glukosa tinggi.

5. Kelapa
Kelapa segar bukan hanya makanan ringan yang lezat, penelitian di Journal of Complementary and Integrative Medicine menemukan bahwa mengonsumsi kelapa segar membantu mengatur kadar gula darah pada orang sehat.

6. Dandelion
Dandelion adalah sumber peredam gula darah alami, yang dikenal sebagai alpha-glukosidase, jadi tidak mengherankan jika para ahli kesehatan tradisional menggunakan dandelion selama bertahun-tahun untuk membantu mengatur kadar gula darah dan dalam pengobatan diabetes.

7. Olahraga
Olahraga teratur membantu menggunakan gula sebagai bahan bakar untuk otot. Dalam sebuah penelitian terhadap anak-anak yang diterbitkan di Journal of Science and Medicine in Sport, para peneliti menemukan bahwa peningkatan tingkat aktivitas membantu menurunkan kadar gula darah. Tentu saja, penelitian ini juga berlaku untuk orang dewasa. (fny/jpnn)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top