PRO PILKADA

85 Orang Berebut Tiket Caleg di Perindo Ambon

RakyatMaluku.com – SEBANYAK 85 orang mendaftarkan diri untuk memperebut tiket sebagai calon anggota legislatif (Aleg) dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kota Ambon. Para peserta yang mencapai puluhan orang ini, secara resmi mengikuti proses fit and propertest sebagai bakal calon Aleg, yang digelar oleh Perindo di Sekretariat DPD Perindo Kota Ambon, Sabtu, 6 Mei 2018.

Sesuai laporan Perindo Kota Ambon, formulir yang diambil dari sekretariat sebanyak 128 berkas. Hanya saja, hingga penutupan pelaksanaan fit and propertest kemarin, hanya 85 orang yang mengembalikan berkasnya, untuk memperebutkan tiket menjadi calon anggota DPRD Kota Ambon dari Perindo. Demikian disampaikan Plt Ketua DPD Partai Perindo Kota Ambon, Ronny Aipassa, kepada wartawan kemarin.

Puluhan orang ini, berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Kota Ambon, dengan rinciannya; Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel)–Sirimau satu sebanyak 26 orang, Dapil II Sirimau dua 12 orang, Dapil III Kecamatan Nusaniwe 25 orang, dan Dapil IV Kecamatan Baguala-Teluk Ambon 22 orang.

Untuk tes sendiri, dilakukan dalam dua tahap; fit and propertest, dan wawancara, yang digelar selama kurang lebi tiga hari di Sekretariat DPD Perindo. “Nanti kita akan menyaring nama-nama untuk masing-masing Dapil sesuai jumlah kursi yang ada, tentu dengan melihat kemampuan serta nilai mereka pada setiap tahapan seleksi,” kata Ronny.

Dikatakan, wawancara dan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan itu, dilakukan oleh tim penjaringan dari DPD partai Perindo Kota Ambon. Uji kelayakan dan kepatutan untuk mengetahui kualitas dari masing-masing pendaftar. Usai dua tahapan tersebut, tim penjaringan juga akan melakukan survei secara internal pada masing-masing dapil.

Kemudian, selanjutnya hasil seleksi tersebut akan disampaikan kirimkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perindo. Dan DPP yang akan menilai dan menentukan dari sebanyak 40 dari 85 Bacaleg untuk ikut bertarung di Pileg 2019.

“Dalam melaksanakan seleksi itu, kami juga libatkan tim penguji dari pihak yang independen atau non partai. Selanjutnya, dari 85 Bacaleg yang ada, akan dipilih sebanyak 40 orang yang betul-betul berkompeten dan bisa diterima oleh masyarakat di dapil masing-masing untuk ikut dalam kontestasi Pileg di 2019 mendatang. Hasil seleksi akan kita kirim ke DPP, dan DPP lah yang akan menentukan dan memutuskan siapa saja yang lolos sebagai caleg di 2019 nanti,” jelas dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top