NEWS UPDATE

Kabid Humas Polda: Tak Ada Unsur Politik

Muhamad Roem Ohoirat

RakyatMaluku.com – PENCOPOTAN jabatan Wakapolda Maluku Brigjen Polisi Hasanuddin tak ada unsur politik. Pergantian jabatan Jenderal Bintang Dua dari Wakapolda ke jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri tak terkait dengan pemberitaan di media sosial soal keterlibatannya mendukung salah satu paslon gubernur Maluku tapi hal itu lebih pada kebutuhan yang ada.

“Jadi, pergantian Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs Hasanuddin, SH, MH sama sekali tidak terkait dengan pemberitaan media soal keterlibatannya dalam masalah politik,” ujar Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. Muhamad Roem Ohoirat, Kamis, (21/6/18).

Saat memberikan keterangan pers di ruang kerjanya, Ohoirat menyampaikan bahwa penggantian posisi atau kedudukan di dalam tubuh Polri itu setiap saat bisa saja terjadi.

‘’Ini karena kebetulan yang dimutasikan adalah Wakapolda, maka dikaitkan dengan kasus itu. Padahal tidak, sebab beliau tidak sendiri dimutasi. Ini merupakan hal biasa dalam Polri masih dalam pertimbangan dari pemimpin untuk kepentingan organisasi, dan bukan karena kasus kemarin,’’ jelasnya.

Menurutnya, yang berhak menyatakan bahwa ada kampanye atau tidak adalah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). “Jadi, katanya kalau ada perwira pejabat utama Polda Maluku melakukan kampanye di hadapan anggota itu sudah ranah Bawaslu,” ujarnya.

Muhamad Roem Ohoirat menyatakan, untuk masalah Pilkada ini Polri tetap netral. Dan, kalau misalnya ada indikasi keterlibatan atau keberpihakan dari anggota Polri maka itu merupakan hak Bawaslu untuk menyelidikinya.

“Dan, Polri memepersilakan Bawaslu untuk mengadakan penyelidikan. Kami tidak menutupi sepenuhnya dan kami tahu bahwa ini merupakan hak Bawaslu untuk menyelesaikan permasalahan ini,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap, Bawaslu Maluku bisa segera melaksanakan penyelidikan untuk menetukan sejauhmana kebenaran dari kasus ini, sehingga semuanya jelas.

”Sekali lagi saya tegaskan, Polri tetap netral dalam Pilkada dimanapun,” ujarnya. (IQI)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top