NEWS UPDATE

Ada Pungli Di DBC Festival

RakyatMaluku.com – DJALAN Baroe Creative (DBC) Festival 2018 hampir memasuki pun­cak acara. Kegiatan yang di­mulai sejak 10-22 Agustus ter­sebut, mendapat apresiasi dari berbagai pihak, baik masyarakat, pengunjung, sponsorship maupun pemerintah Kota Ambon.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler dan Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru bersama sejumlah pimpinan SKPD turun dan menikmati suasana Djalan Baroe Festival beberapa waktu lalu. Apresiasi ini menjadi ‘virus’ positif bagi seluruh masyarakat untuk mewujudkan Ambon bersih, indah dan manise.

DBC Festival merupakan program creative pe­muda Jalan Baru, Kelurahan Honipopu. Perkam­pungan yang melekat pada stigma ‘kumuh’ itu kini telah bertransformasi masih dan memiliki nilai ‘jual’ tinggi bagi masyarakat.

Hampir setiap harinya, ratusan sampai ribuan pengunjung datang untuk berswafoto maupun menik­mati kuliner di Djalan Baroe Creative Festival. Setiap pengungjung yang datang tidak dikenakan tarif masuk (gratis). Panitia tidak dibolehken untuk memungut biaya kepada para pengunjung yang ingin datang dan menikmati hasil kreasi yang eksotis.

“Jadi muncul beragam issu diluar sana bahwa ada pungutan dari panitia kepada setiap pengunjung yang datang. Tentunya ini sangat mencorong nama baik kami selaku pantia. Kami sangat konsisten bahwa tidak ada tariff untuk masyarakat yang ingin datang untuk menikmat kreasi nan eksotis ini di Jalan Baru. Makanya penting untuk kami klarifikasi,” kata Ketua Panitia DBC Festival, Rizky Pamungkas, kepada Rakyat Maluku, kemarin.

Rizky menegaskan, aksi pemungutan liar (pungli) dengan biaya masuk memang beragam, ada yang Rp.5.000 – Rp.15.000/orang. Pungutan liar tersebut diluar pengetahuan panitia, barulah terungkap setelah sejumlah warga mengeluhkan hal tersebut kepada beberapa rekan panitia, “Aksi pungil di DBC Festival sudah terbongkar, dan kami sudah membahas persoalan ini, tentunya kami merasa bahwa pungli akan sangat merugikan nama baik kami sebagai pihak penyelenggara. Untuk itu, kami telah menyampaikan permintaan maaf kepada para pengungjung dan publik lewat fanspage dan beberapa account resmi DBC Festival atas kejadian ini,” paparnya.

Rizky juga menegaskan pantia sedang meneye­lidiki pelaku pungli pada acara DBC Festival. Siapaun dia, baik oknum maupun kelompok yang melakukan tindakan tidak terpuji tersebut akan mendapatkan ganjaran yang setimpal, karena telah mencoreng nama baik dan semangat kerja kepantiaan.

“Kami tegaskan bahwa, pantia sedang men­yelidiki pelaku pungli pada acara DBC Festival. Sia­paun dia, baik oknum maupun kelompok yang melakukan tindakan tidak terpuji tersebut akan mendapatkan ganjaran yang setimpal, karena telah mencoreng nama baik dan semangat kerja kepantiaan,” pungkasnya. (ASI)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top