AMBONESIA

Aleg Apresiasi Ambon Kota Musik Dunia

RakyatMaluku.com – ANGGOTA Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Leonaora E Farfar, memberikan apresiasi kepada pemerintah, yang telah menjadikan Ambon sebagai Kota Musik. Tentu, dalam konteks menjadikan Ambon sebagai kota musik, jangan hanya dalam bentuk gagasan serimonial, tapi, seluruh pusat dan sudut di Kota Ambon, harus bernuansa musik. Tentu, bukan saja musik pop atau dandut, tapi semua gengre musik yang sudah ada di Maluku sejak dulu, harus dihidupkan. Hal ini disampaikan Leonora kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Ambon, Belakang Soya, Jumat, 20 Juli 2018.

Tak hanya sebagai kota musik di Indonesia, tapi, kalau perlu kota musik untuk dunia. Dan, kata dia, program ini harus mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat, sehingga potensi-potensi masyarakat yang belum digali atau belum dikeluarkan, dapat segera ditampilkan publik.

Lanjut dia, tentu, untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah Kota Ambon juga harus memperkenalkan potensi music yang merupakan cirikhas dari kota Ambon itu sendiri, sehingga tidak terpaku pada pegelaran music dengan mengundang sejumlah artis musisi dari luar untuk meramaikan event-event yang dilaksanakan di Ambon, baik itu event yang bertaraf nasional maupun lokal. “Kalau mau jadikan Ambon sebagai kota music dunia,Kota Ambon harus menampilkan semua jenis music yang ada. Sehingga kita tidak terpaku dengan hanya mengundang artis luar yang datang meramaikan berbagai event di Kota Ambon, sementara Ambon punya segudang penyanyi,” ujar Leonora.

Tak hanya itu, bahkan segala jenis kesenian seperti tari-tarian harus pula ditampilkan. Begitu juga dengan berbagai alat music local yang ada di Ambon dan Maluku pada umumnya itu harus diperkenalkan ke dunia internasional.

“Jenis music local seperti totobuang, tahuri tifa dan lain sebagainya itu harus dikembangkan dan diperkenalkan atau diorbitkan kepada dunia. Sehingga menuju kota music dunia itu Kota Ambon tidak hanya berkutat soal potensi penyanyi saja, tetapi juga didukung oleh music tradisional dari Ambon yang menjadi cirikhas kedaerahan tersendiri.” Dia berhapap pemerintah kota tidak hanya focus pada nyanyian saja, tetapi juga kepada semua potensi music yang menjadi pendukung bagi tercapainya cita-cita Kota Ambon sebagai kota music dunia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top