AMBONESIA

Alumni IAIN/STAIN Ambon Gelar Halal bi Halal

RakyatMaluku.com – RATUSAN alumni IAIN/STAIN Ambon dari berbagai angkatan menggelar Temu Alumni dan Halal bi Halal, yang berlangsung di Aula Lt III Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Kamis, 5 Juli 2018.

Hadir dalam kegiatan ini, mulai dari Rektor IAIN Ambon, Dr. Hasbollah Toisuta, yang merupakan angkatan pertama beserta teman-temannya, Rektor IAIN Jayapura, Dr. Idrus Alhamid, Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku, H. Zain Firdaus Kaisupy, hingga sejumlah pejabat daerah lainnya, yang semuanya alumni IAIN Ambon.

Nuansa kekeluarga dalam kegiatan ini sangat terasa, ketika Rektor IAIN Ambon, Dr. Hasbollah Toisuta, didaulat menyanyikan lagu Maluku, ‘Katong Samua Basudara’, mengawali kegiatan. Temu Alumni ini sekaligus menjadi langkah baru untuk memajukan IAIN Ambon, sebagai rumahkandung dari para alumni untuk mendukung pembangunan dan kemajuan di kampus jas hijau tersebut.

Rektor IAIN Ambon, Dr. Hasbollah Toisuta, selaku Ketua Angkatan I IAIN/STAIN Ambon dalalm sambutannya, turut latur mengisahkan perjalanan studi mereka di kampus hijau itu. Setidaknya, banyak pengalaman baik suka maupun duka, yang telah dilewati selama mengikuti proses studi di kampus IAIN Ambon, terutama, yang paling terkenang menurut Rektor, saat mereka angkatan pertama diturunkan dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kisah Rektor, disambut tepuk tangan dan tawa yang bersahaja, mengingat memori perjalanan studi mereka. Sebagai anak sulung dari kampus IAIN Ambon, Rektor mengaku bangga dengan kemajuan kampus dan keberhasilan para alumni IAIN/STAIN Ambon saat ini. Ia berharap, kiranya para alumni tidak melupakan jas hijau IAIN Ambon, sebagai kampus yang telah melahirkan mereka, untuk terus bersama membangun peradaban umat, dan tentu membangun kampus tersebut menjadi lebih baik ke depan.

“Pertemuan atau silaturahmi alumni IAIN/STAIN Ambon ini, kita gagas dalam rangka menghimpun potensi IAIN yang selama ini belum tergarap secara maksimal. Karena itu, harapan kita dengan pertemuan ini, kita bisa mengkonsoludasi potensi kita di IAIN Ambon, kemudian berpikir untuk bagaimana menyumbang itu, selain kepada bangsa dan daerah, tapi yang lebih penting untuk kembali membangun kampus IAIN Ambon ke depan, agar terus menjadi lebih baik,” pesan Rektor, kepada wartawan di sela-sela kegiatan ini.

Sebelumnya, di awal sambutannya, Rektor mengingatkan kepada seluruh alumni, agar kiranya pertemuan ini tidak hanya sebatas kegiatan serimonial, tapi, harus membekas untuk dijadikan sebagai agenda tahunan, dalam rangka memperbaiki Ikatan Keluarga Besar Alumni IAIN/STAIN (IKBI) Ambon. Pasalnya, akui Rektor, keberadaan IKBI Ambon selama ini, hanya sebatas nama untuk beberapa kegiatan di kampus. Sementara pengurus dan programnya belum nampak di permukaan.

Sebab itu, lewat kegiatan temu alumni ini, dapat memacu semangat para alumni untuk bersama-sama melihat kemajuan IAIN Ambon, dan terkhusus lagi mengeksiskan kepengurusan alumni IKBI Ambon.

Sementara dosen senior IAIN Ambon, Drs. H. Hadi Basalamah, dalam sambutannya mengingatkan kepada alumni dan pimpinan IAIN Ambon, untuk meningkatkan peran dan fungsinya dalam melayani keumatan di daerah ini. Setidaknya, kata Hadi, dalam setiap periode kepemimpinan, harus ada program yang dilakukan oleh IAIN Ambon, atau alumni yang dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat.

Sedangkan, Rektor IAIN Jayapura, Idrus Alhamid, yang didaulat memberikan tausiyah Halal bi Halal, menegaskan, perayaan Halal bi Halal yang dilakukan oleh keluarga besar IAIN Ambon, kiranya dapat menjadi motor untuk terus menyatukan seluruh alumni, dalam rangka melihat dan mendukung kemajuan kampus itu.

Pada kesempatan ini, Idrus yang sudah berhasil mengubah STAIN Jayapura menjadi IAIN Jayapura, bertekad memberikan dukungan penuh kepada IAIN Ambon untuk segera dialihkan statusnya menjadi Universitas Islam Negeri Ambon. Bahkan, lebih dari itu, Idrus menekankan, agar ke depan IAIN Ambon menjadi pengelola kopertis di wilayah Indonesia Timur, melepaskan dari Makassar.

Dalam tauziahnya, Idrus lebih banyak menghibur dengan menceritakan perjalanan studinya di IAIN Ambon, hingga menghantarnya menjadi pegawai di Kemenag, dan kini dipercayakan sebagai Rektor IAIN Jayapura. Sebagai alumni IAIN Ambon, ia mengajak seluruh alumni untuk kembali mengabdi kepada IAIN Ambon, sebagai ibu yang sudah melahirkan mereka dalam makna jenjang pendidikan tinggi. (WHL)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top