NEWS UPDATE

Ambon ‘Terkepung’ Banjir dan Longsor

BENCANA ALAM. Petugas memotong sebuah pohon tumbang yang menimpa badan jalan akibat termakan tanah longsor di Jalan Martha Christina Tiahahu, Karang Panjang, Jumat 29 Juni 2018. Curah hujan berkepanjangan yang mengguyur Kota Ambon belakangan ini membuat sejumlah lokasi mengalami banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

RakyatMaluku.com – INTENSITAS hujan di Kota Ambon dan sekitarnya yang sangat tinggi, Jumat 29 Juni 2018, kemarin, membuat sejumlah titik lokasi di kota ini terendam banjir dan dilanda longsor.

Pantauan koran ini, banjir paling parah terjadi di kawasan Ahuru. Hal ini dikarenakan tanggul penahan air yang ada dikawasan itu jebol mengakibatkan banjir menggenangi rumah warga. Banjir juga terjadi di kawasan Batu Merah Dalam, Passo, Soabali juga di kawasan Jalan Baru.

Intensitas hujan yang tunggu juga menyebabkan longsor terjadi di kawasan BTN Kanawa Air Kuning, kawasan Kayu Tiga yang menimpa dua unit rumah di RT 003 / 08 blok C, kawasan Karang Panjang, OSM, Desa Laha, dan sejumlah titik lokasi lain.

Longsor dan banjir juga terjadi di beberapa kawasan Kabupaten Maluku Tengah, seperti sub Desa Wasu dusun Amanukui dan dusun Amantuari.

Kemudian luapan Sungai Air Sakula dan Air Manis. Ini mengakibatkan ruas jalan menuju Desa laha dan Desa Hatu sempat tidak dapat dilalui karena ketinggian genangan air mencapai satu meter.

Membantu warga yang terkena musibah banjir sejumlah instansi terkait dibantu personel aparat kepolisian dari Polda Maluku juga turut membantu melakukan evakuasi warga termasuk menyelamatkan harta benda warga terkena banjir. (RM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top