BERITA COVID-19

Ansor Maluku Ajak Warga Tingkatkan Kesadaran Pakai Makser

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Maluku mengajak seluruh warga di daerah ini, untuk terus meningkatkan kesadaran dalam penggunaan protokol kesehatan terutama masker. Pasalnya, menggunakan masker merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran wabah Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Demikian disampaikan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Maluku, Masyuri Maswatu, M.Pd, kepada wartawan di Kota Ambon, Selasa, 10 November 2020.


Masyuri menjelaskan, kerja-kerja pemerintah dan organisasi taktis dalam bentuk sosialisasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat sudah sangat maksimal. Tinggal selanjutnya, menunggu kesadaran bersama dari masyarakat untuk mengutamakan protokol kesehatan. Alasan terpenting untuk terus menggunakan protokol kesehatan, dijelaskan Masyuri, sesuai dengan ajuran para ahli di bidang kesehatan, terutama WHO, bahwa salah satunya dengan menjaga jarak atau menghindari kerumunan massa, wajib menggunakan masker serta protokol kesehatan lainnya.

Secara, ketika seluruh masyarakat sudah membiasakan diri untuk memakai masker saat berada di luar rumah, dan kalau perlu di lingkungan tinggal, maka penggunaan masker ini akan membudaya di masyarakat. Kalau sudah membudaya di masyarakat, maka dengan sendirinya penggunaan masker sudah menjadi hal biasa. Untuk itu, masyarakat secara umum harus saling membantu dan mengingatkan agar tidak henti-henti menggunakan masker. Kalau seluruh masyarakat terus saling mengingatkan, maka, Masyuri yakin dengan sungguh, penggunaan masker akan membudaya.

Tentu, di sisi lain, lanjut Masyuri, pihak Ansor akan terus memaksimalkan penyaluran masker kepada masyarakat. Karena, Masyuri yakin dengan sungguh, bahwa ada keinginan kuat untuk masyarakat menggunakan masker, namun masih terbatas dengan cara mendapatkan masker. Karena itu, Ansor dalam waktu dekat ke depan, berencana akan menyalurkan masker sebanyak 100 ribu kepada warga. Kiranya, harap Masyuri, pemberian masker ini dapat membantu pemerintah dan masyarakat untuk sama-sama meningkatkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Masker jelas Masyuri, digunakan bukan saja untuk mencegah dan menghentikan penyebaran wabah Covid-19 saja, tapi juga untuk menghindari kotoran atau vektor yang masuk ke dalam mulut. Sebab, mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang wajib dilindungi. Ia menjelaskan, masker harus digunakan oleh semua kalangan masyarakat, baik orang tua, pemuda hingga anak-anak. Karena, siapapun sangat rentan terhadap penyebaran virus untuk masuk dalam tubuhnya melalui udara. Karena itu, mulut maupun hidup dapat dilindungi hanya dengan menggunakan masker, simpul Sekretaris PW Ansor Maluku ini. (WHL)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top