AMBONESIA

Antispasi Lonjakan Harga, Saber Pangan Gelar Rakor

RakyatMaluku.com – Jelang bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, biasanya harga sembako melonjang tinggi. Hal ini terjadi bila tak dipantau pemerintah. Olehnya, antisipasi masalah ini, Tim Saber Pangan Kepolisian Daerah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis.

Rakor melibatkan instansi Pemerintah Provinsi Maluku seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Pertanian, juga instansi lainnya kaya Balai Pengawasan Obat dan Makanan, Karantina Pertanian serta Bulog. Acara dibuka Wakapolda Maluku Brigjen Polisi Hasanuddin, berlangsung do ruang Rapat Utama Polda Maluku, Rabu, 9 Mei.

Kapolda Maluku Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Andav Budhi Revianto menyatakan bahwa setiap Ramadan dan Idul Fitri, harga sembako di pasaran selalu naik, dan ini terjadi setiap tahunnya. Untuk itu, Tim Saber Pangan dengan melibatkan instansi terkait rapat membahas masalah ini.

“Pangan merupakan kebutuhan setiap hari. Pangan juga mempunyai peran yang penting bagi masyarakat. Jadi Polda Maluku membentuk (Saber Pangan, red) dengan melibatkan berbagai instansi diharapkan dapat bersinergi,” tutur Kapolda melalui sambutannya yang dibacakan Wakapolda.

Di tahun 2017 lalu, kata Kapolda, harga-harga sembako relatif stabil. Pasalnya, pengamanan terhadap kebutuhan warga selalu dilakukan. Sehingga penimbunan yang biasa dibuat para pedagang.

“Tahun lalu pangan-pangan ditimbun, dan akan dijual dengan harga tinggi jalan Ramadan dan Idul Fitri. Rapat ini untuk kita satukan persepsi guna mencegah hal itu. Saya harap tim bisa bekerja dengan baik. Dapat mencegah terjadinya penimbunan yang dampaknya harga-harga sembako melonjak,” sebut Kapolda. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top