NEWS UPDATE

Ar Rahmah Ambon Kirim Dua Santri Asal Malteng ke Yaman

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, – Yayasan Pesantren Ar Rahmah Ambon kembali mengirimkan dua santrinya asal Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) untuk menempuh pendidikan agama Islam di Institut Darul Musthafa di Kota Yaman. Kedua santri tersebut yakni Abdi Rahim Khaliq (19) asal Masohi dan Abdullah Latukau (18) asal Desa Morella.


“Kami akan berangkat, Rabu lusa, (30/12/20), via Mesir. Kami berharap pengiriman kedua santri ini ke Kota Yaman kelak sekembalinya mereka bisa menjadi ulama dan pelanjut dakwah Ar Rahmah di Kota Ambon dan Maluku,” ujar Ketua Yayasan Pendidikan Pesantren Ar Rahmah Ambon Habib Rifqi Alhamid, Minggu, (27/12/20).

Selain dari Maluku pesantren ini sebelumnya juga mengirimkan santrinya bernama Mubasirun, (25), asal Merauke, Papua. “Mereka adalah para hafidz (penghafal Al Quran). Abdullah Latukau asal Morela sendiri adalah penghafal 30 Juz. Sedangkan Abdi Rahim Khaliq penghafal 15 Juz,” ujarnya.

Kedua penghafal Al-Quran ini  kemarin telah terbang menuju Jakarta menggunakan pesawat Batik Air diantar langsung oleh Habib Rifqi Alhamid.

Dikatakan, untuk mendapatkan kuota masuk ke perguruan tinggi Institut Dari Al-Mustafa Yaman tahun 2021 Maluku mendapat jatah dua santri.

Selama di sana mereka akan didodok mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam secara menyeluruh. Mereka akan menempuh pendidikan selama lebih empat tahun. “Setelah itu mereka kembali ke tanah air. Diharapkan kelak mereka bisa menjadi ulama dan menjadi penerus dakwah di Kota Ambon dan Maluku,” ujarnya.

Sebelum bertolak ke Yaman mereka digodok lebih dulu di Darul Mustafa Solo, Jawa Tengah, untuk memperdalam pengetahuan agama bersama 183 santri lainnya yang digelar oleh Majelis Muassalah Bainal Ulama Walmuslim Wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua, di bawah penanggung jawab Habib Rifqi Alhamid.

Di Pondok Pesantren Asuhan Al Habib Sholeh bin Muhammad Aljufri yang merupakan pemilik angkatan pertama dari alumni santri Alhabib Umar Alhafidz pendiri Institut Dar Al Mustafa, Yaman.

Ini untuk kesekian kalinya Yayasan Ar Rahmah Ambon mengirimkan putera terbaik Maluku untuk belajar pendidikan agama Islam di Kota Yaman.

Ia berharap, pengiriman dua santri asal Maluku ke Yaman, Hadratulmaut, ini akan melahirkan para ulama hebat dari Maluku. “Kami berharap, ini langkah terbaik kami untuk kelak bisa melahirkan banyak generasi ulama dari Maluku,” ujarnya.(DIB)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top