INTERNASIONAL

Ar Rahmah Ambon Berangkatkan 25 Calon Jamaah Umrah

Laporan: Rizky Dino Majid, Madinah

MADINAH – AR RAHMAH Travel Umrah and Tour kembali memberangkatkan 25 calon jamaah umrah (CJU). Kamis, (31/10/19). Ke-25 jamaah umrah ini terdiri atas 14 orang asal Ambon, 10 asal Jakarta, dan seorang dari Jogya, para CJU tiba di Kota Madinah pada jumat, (1/11/19) dengan selamat.

Berdasarkan laporan kontributor yang juga adalah Manager Layouter Rakyat Maluku Rizky Dino Madjid dari Madinah yang ikut dalam rombongan umrah kali ini, sebelum ke Tanah Suci Makkah dan Madinah mereka lebih dulu terbang dari Bandara Soekarno-Hatta langsung menuju Bandara Muskat, Oman, menggunakan pesawat berbadan lebar Oman Air.

Setelah dari Oman barulah mereka terbang ke Kota Jeddah dilanjutkan perjalanan menuju Madinah dan Makkah. Penerbangan umrah kali ini memang agak beda. Biasanya dari Jakarta langsung Jeddah. Kali ini penerbangannya harus melewati udara Oman. “Ini bonus kami dari Ar Rahmah sebagai bentuk pelayanan kepada pelanggan kami,” ujar bos Ar Rahmah Travel Umrah and Tour, Ambon, Habib Rifqi Idrus Alhamid, S.Kom, kepada Rakyat Maluku, di Kota Madinah, kemarin.

Habib Rifqi yang menjadi pembimbing umrah itu mengatakan, setibanya di Madinah dan Makkah beberapa tempat bersejarah akan menjadi objek kunjungan. Antara lain ke Kota Thaif, kota yang dulu kali pertama Nabi Muhammad SAW berdakwah tapi kemudian diusir oleh warga Thaif, itu. Lalu, ke lokasi Badar Khaibar tempat Perang Badar. “Juga ke beberapa objek sejarah lainnya,” ujarnya.

Sehari sebelum keberangkatannya, mereka telah dibekali manasik umrah oleh Habib Rifqi. Menurut alumnus Universitas Darul Mustafa, Yaman, itu pemberian pelajaran ilmu manasik ini penting bagi setiap calon jamaah umrah dan haji sebagai bekal pengetahuan. “Haji dan umrah itu ibadah, dan ibadah itu perlu ilmu. Nah, minimal mereka harus tahu apa yang harus dilakukan. Kami harus membimbing agar mereka punya dasar ilmu untuk bisa menjadi patokan dan dasar bagi mereka untuk beribadah,” ujarnya.

Diakui, keberadaan Ar Rahmah Umrah dan Tour ini tak lain untuk bisa membantu saudara-saudara muslimin di Kota Ambon untuk bisa berangkat umrah. “Prinsipnya keberadaan Ar Rahmah Umrah dan Tour Ambon ini tidak punya tujuan lain kecuali membantu saudara-saudara muslimin di Kota Ambon untuk bisa diberangkatkan menunaikan umrah dari dan kembali ke Ambon. Kami selalu memilih tagline: Kalau sudah ada yang dekat mengapa harus memilih yang jauh,” ujarnya.

Dia mengakui pula, dengan memberangkatkan jamaah umrah langsung dari Ambon kita bisa sama-sama tahu seberapa besar pelayanan yang diberikan. “Ini juga sekaligus menjadi bagian penting dari syiar dan dakwah dalam melayani umat,” ujarnya. (***)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top