OLAHRAGA

Asal Ambon, Lahir di Australia dan Bangga Bermain di Timnas Indonesia

PEMAIN muda berdarah Ambon, Maluku, Nathan Muskitta kini sedang menimba ilmu sepak bola di West Ham United. Pemain 18 tahun itu juga punya mimpi besar membela Timnas Indonesia, tempat kelahirannya.
Nathan lahir di Bintaro pada 13 September 1999. Ia dibawa ke Australia oleh sang ayah, Iwan Muskitta dan menetap di negara tersebut sejak berusia 6 tahun.

Bakat sepak bolanya yang luar biasa membuat Nathan sempat rasakan berlatih di akademi Leicester City dan Aston Villa pada tahun 2014. Sayang dirinya harus kembali ke Australia karena permasalahan visa.

Setelah kembali ke Inggris, Nathan tak langsung berlatih di klub besar. Ia memulai lagi dari Chesterfield dan Southend, sebelum akhirnya berlabuh di West Ham United.

“Enam bulan Nathan di Southend United, dia dipanggil oleh West Ham United. Nathan mulai berlatih bersama dengan West Ham United pada bulan Oktober 2017,” cerita Iwan kepada Bolalob.

Kini, Nathan memang sedang berebut tempat untuk bisa masuk ke dalam tim West Ham United. Setidaknya ada dua pemain dari akademi yang akan mendapat kontrak profesional di The Hammers, pada Juli mendatang.
Kiprah Nathan di Inggris dilirik oleh PSSI. Saat itu, PSSI ingin menjaring para pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri, khususnya Eropa.

Panggilan PSSI untuk Nathan akhirnya tiba. Melalui Sekreteris Jenderal (Sekjen) PSSI saat itu, Ade Wellington, Nathan mendapat surat untuk mengikuti trial Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Indra Sjafri.
“Saya kurang tahu detailnya seperti apa. Tapi kami dapat surat dari Pak Ade Armando untuk mengikuti trial di timnas U-19,” ujar Iwan.

Nathan bersaing dengan 13 pemain lainnya di depan pelatih Indra Sjafri. Sayang, saat itu pelatih asal Sumatera Barat itu menilai para pemain luar negeri masih kurang dalam hal fisik.Nathan pun tak terpilih dalam skuat timnas U-19 untuk Piala AFF. Ia kembali ke Inggris dan kini dengan tekun berlatih bersama West Ham United.

Bicara soal timnas, Iwan mengatakan Nathan sangat bangga menjadi pemain Indonesia. Bahkan Nathan sebetulnya punya kesempatan untuk membela dua negara lain selain Indonesia, tapi dirinya masih memilih Skuat Garuda.
“Nathan bisa bermain untuk Timnas Australia dan pada akhir tahun ini dia bisa juga bermain di Timnas Inggris dan tentunya Timnas Indonesia. Darah Inggris mengalir dari ibunya yang berwarga negara Inggris,” tambah Iwan.
“Dia selalu bangga jadi anak Indonesia di manapun dia berada. Nathan sangat bangga sewaktu dipanggil untuk berlatih dengan Timnas Indonesia U-19,” tandas Iwan mengakhiri pembicaraan.

Bagi Nathan bisa membela tanah kelahirannya merupakan cita-citanya sebagai pesepak bola. Senada dengan apa yang disampaikan sang ayah, Nathan berhasrat bisa membela Skuat Garuda di masa mendatang.

“Saya berharap suatu saat membawa Indonesia di Piala Dunia, Indonesia hebat,” kata Nathan dalam caption di media sosial pribadinya.Ya, semoga saja Nathan. (NET/ROS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top