AMBONESIA

Atasi Macet, Jalur Trayek Batu Merah Bakal Dirubah

RakyatMaluku.com – JALUR trayek Batu Merah Dalam akan dirubah oleh Dinas perhubungan (Dishub) Kota Ambon dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di kawasan pertigaan Batu Merah. Namun, sebelum dilakukan perubahan jalur trayek itu, Dishub Kota Ambon terlebih dulu akan melakukan sosialisasi kepada warga Desa Batu Merah.

Hal ini disampaikan Plt. Kadishub Kota Ambon, Robby Sapulette, kepada wartawan di Kota Ambon, Rabu, 11 Juli 2018.

Kata Robby, jalur trayek ini yang biasanya melewati Jalan Tulukabessy berbelok ke Rijali dan masuk ke Batu Merah Dalam, akan ditambah menuju ke Ongkoliong berbelok ke Pandan Kasturi, menuju ke Tantui baru masuk ke Batu Merah. “Sosialisasi tersebut akan dilakukan secara terpadu, yang akan melibatkan instansi terkait seperti Satlantas Polres Pulau Ambon dan PP Lease, serta Satlantas Polda Maluku,” kata dia.

Sosialisasi ini sangat perlu dilakukan, karena kalau mau merubah suatu kebiasaan pola masyarakat harus butuh penyampaian secara langsung agar dapat dimengerti oleh masyarakat. Apabila dalam sosialisasi tersebut, masyarakat sudah menerima, maka Dishub dan Satlantas Polres siap mengatur Lalu Lintas, setelah itu memasang Water Barrier.

“Kalau sudah diterima masyarakat, kita akan lakukan uji coba, dengan menutup jalan masuk ke Batu Merah menggunakan Water Baryer.” Pihak Dishub berharap Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Maluku melakukan pelebaran jalan dan jembatan di kawasan pertigaan Batu Merah setelah melalui pengkajian, agar bisa menjawab keresahan masyarakat.

“Tiap hari ini terjadi peningkatan jumlah kendaraan, sehingga diperlukan adanya peningkatan kapasitas jalan, dan kewenangannya ada di BPJN karena berada pada status jalan Nasional,” kata dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top