NEWS UPDATE

Bareskrim Garap Dirut Dan Direktur PT. BPS

Lokasi Gunung Botak

– Kasus Lingkungan Hidup Di Gunung Botak

TIM Penyidik Tipidter Bareskrim Mabes Polri kembali menggarap Direktur Utama (Dirut) PT. Buana Pratama Sejahtera (BPS) Mintaria Loesiahari. 

Namun kali ini, Mintaria Loesiahari yang adalah tersangka dalam kasus pertambangan emas di kawasan tambang Gunung Botak, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, diperiksa dalam kasus berbeda.

Yakni, diperiksa sebagai saksi dalam kasus tindak pidana berupa mengeluarkan IUP, IPR atau IUPK sebagaimana diatur dalam UU RI No. 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan dan Batu Bara dan, atau Pejabat Pemberi Izin Lingkungan yang menerbitkan Izin Lingkungan sebagaimana dimaksud dalam UU RI No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta UU RI No 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang yang terjadi di wilayah Provinsi Maluku.

Selain saksi Mintaria Loesiahari, Tim Penyidik Tipidter Bareskrim Mabes Polri juga menggarap Direktur Operasional PT BPS Fakri Ismail, sebagai saksi dalam kasus tersebut.

“Hari ini (kemarin, red) telah dilakukan pemeriksan saksi terhadap Dirut PT BPS Mintaria Loesiahari dan Direktur Operasional PT BPS Fakri Ismail oleh Penyidik Tipidter Bareskrim Mabes Polri, untuk menggali atau mengungkap dugaan tindak pidana yang terjadi,” kata Kuasa Hukum PT. BPS Dr. Fahri Bachmid,SH.,MH, kepada Rakyat Maluku, Rabu, 23 Juli 2019.

Dijelaskan, dalam pemeriksaan yang berlangsung selama hampir empat jam, sejak pukul 09.00 – 12.30 Wib, kedua saksi dicecar soal penerbitan IUP, IPR atau IUPK, dan soal pejabat pemberian ijin lingkungan yang menerbitkan ijin lingkungan.

”Jadi klien kami selalu sersikap kooperatif selama pemeriksaan berjalan. Prinsipnya kami selalu mencermati serta menelaah secara seksama dan mendalam setiap sangkaan yang dilakukan oleh penyidik. Dan karena ini masih dalam domain penyidikan, maka kami tetap mendampingi setiap pemeriksaan terhadap klien kami yang berlangsung di Tipidter Bareskrim Mabes Polri,” jelas Fahri. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top