AMBONESIA

Bawaslu Awasi Alat Peraga Kampanye

RakyatMaluku.com – BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku terus melakukan pengawasan terhadap alat peraga kampanye, baik oleh tiap-tiap pasangan calon kepala daerah, maupun partai politik yang mengsung pasangan calon kepala daerah.

Anggota Bawaslu Maluku, Astuti Usman mengatakan, pengawasan yang dilakukan Bawaslu Maluku terkait alat peraga kampanye telah dilakukan. Pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran terkait dengan penerbitan atribut kampanye untuk citra diri partai politik.

Hal ini telah dilakukan diseluruh di kabupaten/kota di Maluku hingga ke kecamatan dan desa. Kalau memang masih ada yang belum ditertibkan, mungkin baru dinaikkan. Pihaknya akan terus melakukan gencaran terkait penerbitan alat peraga kampanye yang tidak sesuai dengan aturan.

“Di dalam aturan menyangkut dengan jati diri, partai politik tidak boleh mencetak alat peraga kampanye secara sendiri serta tidak boleh mencantumkan nomor urut partai,” ujar Astuti.

Dia menjelaskan, bagi partai politik yang mengusung pasangan calon juga dilarang mencetak alat peraga kampanye yang ada gambar pasangan calon dan lambang partai politik atau nomor partai politik dan juga ada gambar calon anggota DPR maupun DPRD didalam atribut tersebut. “Jadi, semuanya akan kita tertibkan sesuai dengan ketentuan peraturan Bawaslu dan juga edaran yang dikeluarkan,” tegas dia.

Sejauh ini, pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran menyangkut dengan hal tersebut. Sebab, pihaknya telah menyurati seluruh partai politik yang ATKnya tidak sesuai dengan aturan itu agar segera diturunkan.

“Kalau ada laporan menyangkut dengan pelanggaran atas penggunaan ATK yang dibuat sendiri oleh partai, akan kita tindaklanjuti dengan memberikan sanksi sesuai aturan yang ada.” Menyangkut dengan pengrusakan baliho dan sebagainya, pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat, dan sampai saat ini pihaknya juga belum menemukan adanya pengrusakan baliho-baliho. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top