HUKRIM

Bentrok Pemuda Di Kudamati

Ilustrasi

RakyatMaluku.com – DUA kelompok pemuda bertetangga, yaitu Lorong Dua, Tugu Dolan dan Batu Gantung Ganemo, Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, terlibat bentrok. Pemicunya diduga karena gapura Batu Gantung Ganemo dirusaki, Be­run­tung tidak ada korban jiwa mau­pun harta benda saat kejadian, Sab­tu, 23.00 WIT.

Kabar diperoleh Rakyat Maluku, peristiwa bermula ketika sekelompok orang tak kenal (OTK) mengu­na­kan penutup kepala mendatangi Batu Gantung Ganemo. Ada yang membawa kayu juga parang.

Di gapura masuk Ganemo, para pemuda yang diperkirakan sekitar 30 orang itu langsung melakukan pengrusakan. Tidak saja gapura, spanduk gereja serta bendera hias di jembatan Batu Gantung Ganemo,menjadi sasaran amukan kelompok pemuda penutup kepala.

Mendengar keributan, warga Baru Gantung Ganemo, keluar dari rumah mereka, dan entah siapa yang memulai, terjadilah baku lempar. Para pemuda diduga dari Lorong Dua, Tugu Dolan, kabur.

Pasca keributan itu, aparat TNI dan Polri, langsung diterjunkan ke tempat kejadian perkara (TKP). TNI dari Satuan Tugas (Satgas) BKO Yonif 732/Banau, serta Kepolisian Resor Pulau Ambon dan Pp Lease, membubarkan massa. Sehingga aksi baku lempar tidak melebar.

Kapolres Ambon AKBP Sutrisno Hady Santoso, yang dikonfirmasi wartawan, Minggu, 15 Juli, membenarkan peristiwa baku lempar antar pemuda di Kudamati.

“Semalam (Sabtu malam) memang ada insiden tersebut (bentrok, red), namun cepat ditangani oleh aparat TNI AD Satgas 732/Banau bersama Patroli Reaksi Cepat (PRC) Polres Ambon, dan anggota Polsek Nusaniwe. Memang ada masa dari dua komunitas yang berkumpul jalan namun dapat dibubarkan oleh aparat TNI-Polri,” ucapnya via seluler.

Untuk kasus ini, pihaknya sementara melakukan penyelidikan, di mana telah dikantongi dua pemuda yang diduga sebagai provokator bentrok antara Batu Gantung Ganemo dan Lorong Dua, Tugu Dolan.

“Sebenarnya kita telah amankan dua orang, tapi mereka berhasil kabur. Diduga keduanya merupakan provokator. Anggota sementara melakukan pengejaran terhadap dua orang tersebut,” tandasnya. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top