KESEHATAN

Berat Badan Naik Usai Lebaran? Jangan Lupa Konsumsi Ini

RakyatMaluku.com – SAAT Lebaran tiba, Anda akan disuguhi berbagai macam makanan yang berlemak serta minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Biasanya, karena bertebaran hidangan lezat, kebutuhan serat pun kerap diabaikan.

Tak heran jika berat badan Anda bisa melonjak naik secara drastis. Konsumsi asupan seperti ini akan berlangsung selama beberapa hari. Sampai akhirnya animo hari raya menurun dan Anda kembali mengonsumsi makanan seperti biasa. Kondisi tersebut kelak akan membuat Anda terbiasa dan ketagihan makan makanan mengandung lemak tinggi. Sebisa mungkin, Anda harus mengembalikan pola asupan makanan menjadi lebih sehat.

Anda bisa mengembalikan berat badan pada tingkat semula dengan konsumsi makanan mengandung serat.

“Faktanya, serat merupakan salah satu zat gizi yang sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Karena serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh, sehingga lambung akan terasa penuh dalam waktu lama,” ujar dr. There.

Manfaat serat untuk tubuh.

Menurut dr. There, serat bisa merangsang pergerakan usus dan memicu bakteri baik untuk bekerja lebih efektif, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Serat bisa Anda temukan pada apel, roti gandum, edamame, pir, brokoli, kacang almon, jagung, alpukat, nasi merah, jagung, dan beberapa makanan lain. Sementara itu, para ahli merekomendasikan asupan serat sebanyak 25 gram sehari untuk mereka dengan asupan kalori 2000 kkal/hari. Sebelum Anda mulai mengonsumsi diet tinggi serat, ingatlah untuk selalu mengimbanginya dengan asupan cairan yang banyak (8 gelas/hari).

Tingkatkan asupan serat Anda perlahan-lahan untuk membantu adaptasi saluran cerna usai konsumsi makanan di hari Lebaran. Berikut ini tips yang dianjurkan oleh dr. Reza Fahlevi untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh dalam sehari:

1. Konsumsilah whole grains apabila memungkinkan
2. 2 potong roti gandum = 4 gram serat
3. Satu mangkok nasi yang berasal dari beras merah = 4 gram serat
4. Biskuit rendah lemak = 3 gram serat
5. Konsumsi sereal atau makanan tinggi serat untuk sarapan
6. Satu mangkok oatmeal = 3 gram serat
7. Satu mangkok sereal tinggi serat = 5-7,5 gram serat
8. Dua potong roti gandum = 4 gram serat
9. Makanlah buncis beberapa kali seminggu
Buncis atau kacang-kacangan mengandung cukup banyak serat dibandingkan sayuran lain yang sejenis. Buncis dan kacang-kacangan juga dilengkapi dengan berbagai protein nabati. l (NP/RVS/klikdokter)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top