HUKRIM

Berkas 3 Tersangka Korupsi KUD Kekerissa Segera Masuk Pengadilan

Ilustrasi

RakyatMaluku.com – TIM Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon segera melimpahkan berkas tiga tersangka ko rupsi bant uan dana dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) pada Koperasi Unit Desa (KUD) Kakerissa, Negeri Abubu, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) ke Pengadilan Tipikor Ambon.

Tiga tersangka itu, Ketua KUD Kekerissa Pieter Peilouw beserta Sekretarisnya Jhon Lolopua dan Bendaharanya Frans Lekahena. Sebab, berkas ketiga tersangka itu masih diteliti Penuntut Umum (tahap I) dan hampir selesai.

“Masih dalam pemberkasan surat dakwaan dan hampir rampung. Sehingga dalam waktu dekat ini sudah bisa dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan,” ucap Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Ambon, Wahyudi Kareba, saat dikonfirmasi koran ini, di ruang kerjanya, Jumat, 11 Mei 2018.

Dijelaskan, dari hasil penyelidikan dan penyidikan, Tim Penyidik Kejari Ambon menemukan adanya indikasi penyelewengan anggaran LPDB tahun 2010 – 2015 sebesar Rp 254. 679.933 dari total anggaran sebesar Rp 500 juta lebih yang bersumber dari Kementerian Koperasi.

Penyelewengan anggaran LPDB itu lantaran KUD Kekerissa baru menyetor Rp 278.329.933 kepada Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN), sisanya Rp 254.679.933 belum disetor hingga saat ini.

“Ketiga tersangka ini sudah ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Ambon sejak kasusnya ditingkatkan ke tahap penyidikan, kemudian masa tahanannya kembali diperpanjang ditahap penuntutan,” jelas Karena. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top