NEWS UPDATE

Berkas Masuk Pengadilan, KPK Jebloskan La Masikamba Ke Rutan Ambon

mantan Kepala Kantor Pe­layanan Pajak (KPP) Pratama Ambon La Masikamba dan anak buahnya Sulimin Ratmin selaku Supervisor pemeriksa pajak madya, ke Rumah Tahanan (Rutan) Ambon di Waiheru, Rabu, 13 Februari 2019. IST

TIM Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menjebloskan mantan Kepala Kantor Pe­layanan Pajak (KPP) Pratama Ambon La Masikamba dan anak buahnya Sulimin Ratmin selaku Supervisor pemeriksa pajak madya, ke Rumah Tahanan (Rutan) Ambon di Waiheru, Rabu, 13 Februari 2019.

Penahanan terhadap dua terdakwa kasus suap wajib pajak di Ambon tahun 2016 – 2018 itu dilakukan setelah Tim JPU KPK melimpahkan berkas dakwaanya ke Pengadilan Tipikor Ambon untuk selanjutnya disidangkan.

“Ia benar, berkas dakwaan untuk terdakwa La Masikamba dan terdakwa Sulimin Ratmin sudah dilimpahkan oleh Tim JPU KPK ke pengadilan hari ini (kemarin, red), sekitar pukul 11.00 Wit. Selanjutnya, kedua terdakwa itu dititipkan ke Rutan Ambon sambil menunggu dan menjalani proses persidangan,” akui Humas Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Ambon Herry Setyobudi, saat dikonfirmasi koran ini, via selulernya.

Untuk diketahui, penyidikan atas terdakwa La Masikamba dan terdakwa Sulimin Ratmin ini telah selesai dilakukan sejak 31 Desember 2018 lalu. Dari hasil penyidikan, diduga terdakwa La Masikamba menerima suap sebesar Rp 670 juta, dan gratifikasi sebesar Rp 8 miliar dari sejumlah wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Ambon.

Dengan rincian suap, uang Rp 100 juta yang diamankan saat tangkap tangan pada 3 Oktober 2018, dan dua bukti setor bank sebesar Rp 550 juta dan Rp 20 juta. Sedangkan terdakwa Sulimin Ratmin diduga menerima suap sebesar Rp 120 juta. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top