GERBANG PENDIDIKAN

Besok Seleksi KSM Tingkat Provinsi Digelar

RakyatMaluku.com – SELEKSI Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Maluku, digelar pada Selasa 24 Juli besok. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku Fesal Musaad dipastikan membuka langsung hajatan yang berlangsung di MAN 1 Maluku Tengah di Tulehu.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah, Kemenag Maluku M. Hanafi Rumatiga mengatakan, selain seleksi KSM juga digelar seleksi Guru Tenaga Kependidikan (GTK) madrasah berprestasi untuk merebut tiket ke tingkat Nasional di Kota Bengkulu.”Jumlah peserta seleksi KSM sebanyak 197 orang dan 30 peserta seleksi GTK berprestasi,”ujar Rumatiga, Minggu, 22 Juli.

Rumatiga mengungkapkan, pembukaan seleksi KSM tingkat provinsi Maluku tahun ini akan berlangsung meriah. Selain diiringi dengan merching band, juga ada pameran hasil karya masing-masing madrasah.”Jadi setiap madrasah atau masing-masing kabupaten/kota datang dengan prodak pameranya untuk dipamerkan,”ungkap Rumatiga.

Dia memastikan, seluruh kepala-kepala madrasah se-Maluku hadir mengikuti acara pembukaan seleksi tersebut. Termasuk seluruh siswa madrasah se-Kota Ambon.”Kita perkirakan kurang lebih 2000 siswa diluar peserta hadir dalam pembukaan nanti,”papar Rumatiga.

Usai pembukaan seleksi KSM, Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad nantinya meninjau pameran sekaligus menutup kegiatan dimaksuddengan pawai Taa”ruf dimulai dari Kompleks MAN 1 Maluku Tengah hingga finish di Masjid Jami Negeri Tulehu.

Kesempatan itu, Rumatiga menjelaskan, 197 peserta seleksi KSM tingkat Provinsi akan diuji kompetensinya guna merebut tiket ke ajang KSM tingkat Nasional di Kota Bengkulu yang rencananya berlangsung pada September mendatang.”Jadi yang bakal menjadi wakil Maluku adalah peserta terbaik nomor urut 1 dari masing-masing Mata Pelajaran yang diujikan.Begitupun seleksi GTK berprestasi,”jelas Rumatiga.

Khusus seleksi GTK tambah Rumatiga, panelis akan menilai portopolio, presentasi hasil penilitian, wawancara serta mengukur kemampuan penguasaan bahasa asing diluar mapel yang diuji dari masing-masing peserta.”Entah itu bahasa Arab, Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Mereka akan diuji secara ketat,”tambahnya sembari berharap melalui kegiatan seleksi GTK berprestasi ini para guru disamping mendalami disiplin ilmu yang digeluti sebagai bidangnya juga harus menguasai salah satu bahasa Internasional. (CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top