ADVETORIAL

BKPM Maluku Berikan Layanan Kesehatan Bagi Siswa Penyandang Disabilitas

BALAI Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Provinsi Maluku kembali menggelar rangkaian kegiatan penyuluhan, pencegahan dan penanggulangan penyakit menular baik TBC mapun penyakit lainnya kepada warga masyarakat di Kota Ambon. Kali ini penyuluhan itu dipusatkan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Leleani II Ambon, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKPM Maluku dr. Samsila Mona Rumata mengatakan, pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan penting dilakukan terhadap anak-anak disabilitas ini. 

Sebab, dengan keterbatasan yang dimiliki, mereka sangat  terbatas  menjangkau fasilitas kesehatan dibandingkan dengan insan-insan normal lainnya.

“Secara kuantitas pelayanan kami terbatas lantaran penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan dilakukan sekali dalam setahun. Namun, kegiatan ini berkualitas serta memberikan manfaat besar bagi masyarakat terkhusus kepada siswa penyandang disabilitas,” ujar dr. Samsila Mona Rumata.

Dikatakan, kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan serta pencegahan da penanggulangan penyakit menular tidak saja di SLB Leleani, kegiatan serupa juga akan menyentuh Panti Jompo, Panti Asuhan, Lapas, Rutan kelas II Ambon serta SMA/SMU se-Kota Ambon.

Dia menambahkan, rangkaian kegiatan yang dilakukan tersebut selain merupakan kegiatan rutin tahunan untuk pemberdayaan masyarakat, juga dalam rangka menyongsong hari TBC sedunia pada tanggal 24 Maret 2019 mendatang.

“Memang rangkaian kegiatan ini kami fokuskan untuk menyambut peringatan hari TBC sedunia pada tanggal 24 Maret 2019 besok,”bkunci dr. Samsila Mona Rumata.

Dalam kegiatan itu, Plt Kepala BKPM Maluku juga memberikan sejumlah bingkisan dan cinderamata kepada pengelola Yayasan SLB Leleani II Ambon. (CIK)

 

Oma-Opa Di Panti Sosial TWI Passo Ambon Ikut Pemeriksaan Kesehatan

SEJUMLAH Lansia di Panti Sosial Tresna Werda Inakaka (TWI) Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin dari  tim Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Provinsi Maluku. Pemeriksaan sekaligus penyuluhan itu merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan disemua Panti Asuhan, Selasa 19 Maret

Plt Kepala BKPM Provinsi Maluku dr. Samsila Mona Rumata disela-sela kegiatan itu mengatakan, pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian BKPM Maluku untuk menjangkau dan memberikan pelayanan tidak saja terhadap penyakit menular TBC tetapi juga penyakit menular lainnya.

Dia berharap, dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini, Oma dan Opa (Lansia) yang ada di Panti Sosial Tresna Werda Inakaka Passo Ambon mendapatkan manfaat positif atas pentinya kesehatan kepada mereka.

“Kita tidak saja memeriksa kondisi kesehatan mereka dari penyakit TB. Penyakit lainya juga kami perhatikan. Jika ditemukan maka langsung ditanggulangi dengan cara pengobatan,” kata dr. samsila Mona Rumata.

Sementara itu, Plt Ketua Panti Sosial  TWI Ambon, Ny. J.F Akyuwen memberikan apresiasi atas perhatian BKPM Maluku dalam melakukan kegiatan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan di Panti Sosial Tresna Werda Inakaka.

“Bagi kami kegiatan ini sangat penting. Mengingat, kasus-kasus khusus yang diderita Lansia ini sangat sulit untuk dirujuk lantaran keterbatasan transportasi, dan jangkauan. Sehingga hadirnya BKPM Maluku untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dapat mendeteksi berbagai penyakit atau paling tidak mengurangi atau menjawab kendala-kendala yang dihadapi,”tutur Akyuwen.(CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top