AMBONESIA

BPBD Ambon Didesak Realisasi Bantuan Gempabumi 2019

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Badan Penanggulangan


Desakan terkait penyaluran bantuan dana bagi korban bencana itu merupakan salah satu poin prioritas dalam rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon yang disampaikan pada rapat paripurna dalam rangka penutupan masa persidangan III tahun sidang I 2019-2020 dan pembukaan masa persidangam I tahun sidang 2020-2021, Rabu 2 September 2020.

Dalam poin tersebut, DPRD meminta Pemkot segera memvalidasi data korban bencana gempabumi di Kota Ambon terhitung dari 26 September hingga 10 Oktober 2019, sekaligus mempercepat penyaluran bantuan bagi korban terdampak bencana alam tersebut. “Salah satu poin yang paling penting kita dari rekomendasi DPRD itu soal bantuan masyarakat yang terkena dampak bencana gempabumi. Karena dana tersebut sudah ada di Pemkot, maka harus segera dicairkan,” ujar Wakil Ketua DPRD, Gerald Mailoa.

Kata dia, realisasi bantuan itu tentu harus sesuai dengan ketentuan atau petunjuk teknis yang mana telah ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI. Hal tersebut telah disampaikan beberapa kali oleh DPRD, dan kali ini juga dipertegas dalam rekomendasi DPRD.

Menurut dia, penyaluran bantuan dana dari pemerintah pusat itu jangan lagi dikaitkan dengan masalah Covid-19, karena DPRD bersama Pemerintah Kota telah menyiapkan dana Covid-19 itu secara terpisah. Jadi Pemerintah Kota segera menyelesaikan penyaluran bantuan itu kepada para korban dampak gempabumi. “Saya sudah turun langsung ke kawasan-kawasan terdampak gempabumi 2019, dan masyaraka mengeluh soal bantuan itu untuk segera diberikan. Itu saya sudah sampaikan ke Pemerintah Kota, bahwa segera menyelesaikannya,” jelas Gerald.

Dia mengaku, proses realisasi ini lambat karena kemungkunan pemerintah Kota Ambon tengah sibuk dengan upaya penanganan panfemi Covid-19. Tapi, pemerintah Kota juga menyiapkan langkah-langkah strategis untuk segera menyalurkan bantuan dana itu. “Jadi di dalam rekomendasi, DPRD lebih tegas tentang masalah penyaluran bantuan bagi korban gempabumi 2019 itu,” tandasnya. (*)


Baca juga, DPRD Desak Pemkot Definitifkan Pejabat Negeri

======================
--------------------

Berita Populer

To Top